UNP Dikunjungi Rombongan MKKS SMK Lampung Tengah buat Jajaki Kerjasama Peningkatan Kapasitas Guru Vokasi

81

JURNAL SUMBAR | Padang – Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof Ganefri menginginkan para guru pendidikan vokasi mampu menyesuaikan diri dengan perubahan era digital atau revolusi industri 4.0, sehingga Indonesia bisa semakin berkembang pesat dan didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan unggul.

Rektor Prof Ganefri menuturkan dalam proses pembelajaran, guru pendidikan vokasi perlu menyadari adanya multiple
intelligence dalam diri siswa yang perlu dikembangkan secara optimal dan proporsional agar para siswa pada akhirnya nanti mampu merespons fenomena global tersebut.

“Guru pendidikan vokasi yang profesional harus mmiliki integritas, ilmu pengetahuan yang memadai sesuai dengan bidangnya, watak yang terpuji, kompetensi, dan bahkan harus mengikuti pendidikan yang baik, bukan sekedar mengikuti pelatihan semata,” ujarnya

Seperti diketahui, UNP sudah memeliki akreditasi A dan mencapai rangking ke-26 diantara perguruan tinggi nasional serta selama Rektor Prof Ganefri juga banyak mempromosikan UNP ke tingkat nasional dengan memboyong para pakar untuk memberikan kuliah umum.

Berkat inovasinya, melalu seminar-seminar internasional dan kerjasama dengan berbagai universitas luar negeri UNP pun menggema diseluruh nusantara dan membuat para alumni bangga.

Senin (19/11), UNP dikunjungi 75 para kepala sekolah serta Wakil Kepala Sekolah SMK se-Kabupaten Lampung Tengah serta unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dalam rangka silaturahmi dan ramah tamah serta kunjungan lapangan ke fakultas-fakultas yang memiliki program vokasi.

“Program vokasi merupakan salah satu program yang menyiapkan peserta didik menjadi tenaga ahli dan profesional yang menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi maupun seni budaya sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,” kata Ketua MKKS SMK Kab. Lampung Tengah, Yos Devera, MM, saat memberikan hantaran kata dalam ramah tamah rombongan yang dipimpinnya.

Kunjungan MKKS SMK Lampung Tengah terkait mendapatkan informasi perkembangan pendidikan vokasi yang telah menjadi fokus UNP selama ini. Hadir pula lengkap para Wakil Rektor dan para dekan selingkungan UNP, sehingga kunjungan rombongan tersebut sangat puas dengan sambutan civitas akademika UNP.

Ramah tamah dilaksanakan di Ruang Sidang Senat UNP, Gedung Rectorate and Research Center UNP, Kampus Air Tawar Padang, Jln Prof Hamka. Usai sambutan Rektor UNP dan Ketua Rombongan MKKS SMK Lampung Tengah, diberikan sesi tanya jawab, selanjutnya saling bertukar cenderamata.

Kedepannya, kedua belah pihak juga berencana kerjasama dengan Pemkab Lampung Tengah atau Pemprov Lampung. Soalnya berkat menggemanya prestasi UNP membuat animo siswa SMK di Lampung untuk ingin kuliah ke UNP cukup tinggi.

Rektor Prof Ganefri berpesan agar anggota MKKS SMK bisa terus mengupdate ilmu pengetahuannya dalam memberikan pelayanan pendidikan vokasi di sekolah SMK yang dipimpinya.

“Saya selalu menekankan bahwa inovasi sangat penting dalam berkompetisi di era kini. UNP harus terus melahirkan inovasi dibidang kependidikan untuk melahirkan tenaga guru vokasi yang profesional dimasa mendatang,” ujarnya. (Humas UNP/Agusmardi)