12 Club Basket Pelajar Se Pessel Perebutkan Perbasi Cup 2018

73

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Persatuan Olahraga Basket Pesisir Selatan ( PERBASI) menggelar pertandingan bola basket antar club basket pelajar Se- Kabupaten Pessel. 12 club terdiri 6 putra dan 6 putri ikut dalam event pertandingan setengah kompetisi yang digelar dari tanggal 24-27 Desember 2018 di lapangan bola basket Taman Spora Painan, Kecamatan IV Jurai, Pessel.

Ketua Panitia Pelaksana Perbasi Cup 2018 Faizal Maulana mengatakan, event PERBASI Cup 2018 merebutkan total hadiah Rp.3.500.000 plus tropi ketua Perbasi Pessel dengan jumlah peserta 12 tim dari Sekolah Se- Kabupaten Pessel. “Diharapkan turnamen ini bisa memberi dampak positif bagi olahraga, khususnya bola basket,” ujarnya di Painan, Selasa (25/12-2018).

Ketua Perbasi Pessel M. Adli menambahkan, event PERBASI CUP tahun 2018 ini bertujuan untuk menggali bibit – bibit muda bola basket yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, khususnya di kalangan pelajar sekaligus untuk mempersiapkan para atlit PERBASI Pessel dalam menyonsong Pekan Olahraga Provinsi ( PORPROV) di Kabupaten Pasaman Barat.

“Ivent ini akan diadakan setiap tahunnya, dan bisa dilanjutkan oleh penggurus PERBASI Pessel nantinya,” tegas M. Adli.

Dituturkannya, dengan adanya event ini selain mencari bibit muda, ini bisa dijadikan wadah positif untuk bersillahturahmi, menjalin kearaban, menjaga kekompakan tanpa membeda – bedakan club dan sekolah, hanya satu untuk prestasi bola basket Kabupaten Pesisir Selatan.

Tetap jaga sportifitas dan fear play, bawa nama baik sekolah. Adli juga mengapresiasi panitia pelaksana telah bekerja keras dan bersusah payah dalam melaksanakan event bola basket PERBASI CUP tahun 2018 tingkat pelajar Se- Kabupaten Pessel ini.

“Kita berharap pembinaan seperti ini akan muncul atlit muda bola basket di Pessel, juga para pelatih lokal Pessel,  yang siap pakai di event ,” kata Adli, juga tokoh muda Pessel itu.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mawardi Roska saat membuka event PERBASI CUP 2018 dalam kata sambutnya cukup menyambut positif event Bola Basket Pelajar Se- Kabupaten Pessel yang diadakan Penggurus Cabang PERBASI Pessel. Wadah seperti ini begitu penting, dalam mencari bibit muda Kabupaten Pessel.

“Pemkab Pessel melalui Dispora Pessel akan mendukung penuh kegiatan olahraga di Pessel,” tegasnya

Dituturkanya, olahraga begitu penting dalam menjaga kesehatan” Mens sana in corpore sano, adalah sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang artinya adalah “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.” Dalam rangka itu, selain mencari bibit atlit Pessel, Dispora Pessel juga telah merencanakan program olahraga yang bertajuk “Berolahraga sambil Berwisata “.

Hal itu di maksudkan untuk lebih mengenalkan juga potensi pariwisata yang ada di Pessel, melalui event – event olahraga. Terkahir Mawardi berpesan kepada para peserta turnamen PERBASI Cup 2018 bisa menjaga sportifitas, dan berikan yang terbaik bagi keluarga dan sekolah.

Usai memberikan kata sambutan, Mawardi Roska didampingi Ketua PERBASI Pessel M. Adli dan penggurus lainya, melakukan shoting bola ke ring sebagai tanda dimulainya event PERBASI CUP Tahun 2018 .(Rega Desfinal)