Cetak Sawah Baru, Danrem 032/Wbr Tanam Perdana Bersama Bupati Dharmasraya

947

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Tekad TNI untuk membatu mewujudkan swasembada pangan di seluruh teritorial NKRI terbukti sudah. Tak percaya? Tengok saja apa yang dilakukan jajaran Korem 032/Wbr Sumatera Barat.

Dibawa komando Brigjend TNI Mirza Agus,SIP, para serdadu dari Korem 032/Wbr bersama Kodim 0310/SS dibawa kendali Letkol Inf Irvan Yusri,SIP itu membuka dan mencetak puluhan hektar sawah baru Jorong Kampung Surau, Nagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung.

Sabtu (29/12/2018) bersama Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Komandan Korem 032 Wirabraja, Brigjend TNI Mirza Agus,SIP itu melakukan tanam padi perdana di lokasi cetak sawah baru rersebut.

Tak ayal, bupati Sutan Riska pada kesempatan itu pun mengaku senang melihat sejumlah lahan tidur di wilayah Kampung Surau itu kini telah disulap menjadi sawah.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat, kami menyampaikan terimakasih kepada pihak TNI yang sudah membantu percepatan pelaksanaan program cetak sawah baru di Kampung Surau. Lahan yang sebelumnya adalah hutan dan tidak termanfaatkan, kini sudah diolah menjadi sawah dengan bantuan TNI. Terimakasih Pak Danrem dan jajaran,” ujar Sutan Riska kala itu.

Danrem 032 Wirabraja dalam kesempatan tersebut mengatakan, program cetak sawah baru itu dimaksudkan untuk memanfaatkan lahan yang tidak produktif. Serta sebagai upaya untuk mengganti lahan-lahan sawah yang secara nasional saat ini telah banyak dialihfungsikan.

Alih fungsi lahan yang jika terus dibiarkan, sebutnya, akan dapat mengancam ketersediaan pangan di masa depan. “Maka program ini menjadi langkah strategis pemerintah, untuk mencegah hal itu. Untuk itu, saya berharap masyarakat tetap dapat menjaga sawah-sawah yang ada. Mari bersama kita wujudkan kemandirian pangan di Kabupaten Dharmasraya,” pungkasnya.

Ditambakan Danrem, cetak sawah baru yang sudah dikerjakan TNI dengan Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat seluas 146 hektar.

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0310 SSD, Letkol Inf Ivan Yusri, Asisten Bidang Pemerintahan, M. Yusuf, Kadis TPHP Sumbar, dan Kadis Pertanian Dharmasraya, Darisman, Kasi Ter Rem 032/WBR, Bupati Dharmasraya, Kapolres diwakili Kabagren Kompol Pane, Camat Pulau Punjung, UPTD Petanian Pulau Punjung, KelompokTani dan PPL serta kokoh masyarakat dan undangan lainnya.saptarius/eko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here