Dongkrak Wisata, Pemkab Sijunjung Bangun SMK Perhotelan

230

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Horee..! Ini benar-benar kabar gembira. Bahwa pada pertengahan tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung akan memiliki Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baru di Nagari Manganti, Kecamatan Sumpur Kudus. SMK tersebut, akan difokuskan untuk jurusan perhotelan dan usaha perjalanan wisata yang bangunannya sedang dalam pengerjaan diatas lahan seluas tiga hektare.

Bangunan SMK tersebut, terdiri dari 6 ruang kelas, 1 pustaka, 1 labor, 1 kantor, 1 ruang guru, 2 ruang praktek siswa, yang dibangun oleh APBN 2018 dengan jumlah 7,5 M miliar, 5,6 miliar diantaranya digunakan untuk pembangunan fisik.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengatakan, SMK Perhotelan itu merupakan yang pertama di Kabupaten Sijunjung. Tujuan utamanya, jelas Bupati, bagian dari persiapan Pemkab dalam mengembangkan Geopark Silokek dan mendongkrak wisata di Sijunjung.

“Lulusan SMK ini nantinya ditujukan untuk menghadapi kebutuhan tenaga kerja dalam menyambut wisatawan ke Geopark Silokek,” kata Bupati penerima Leadership Award itu, Minggu (31/12/2018).

Bupati menambahkan, tercapainya pembangunan SMK Perhotelan ini, atas kerjasama seluruh pihak, baik dari Ninik Mamak Nagari Manganti, Pemkab Sijunjung, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Kita mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat, mari kita dukung bersama,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kadisdikbud Kabupaten Sijunjung, Ramler. Ramler mengatakan dengan adanya SMK Perhotelan, masyarakat Sijunjung, khususnya Kecamatan Sumpur Kudus tidak perlu jauh-jauh untuk bersekolah lagi ke kota.

Sementara itu, Pejabat Sarana dan Prasarana Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Mukti Suhendri mengatakan, langkah selanjutnya untuk persiapan SMK Perhotelan ini, dinas memprogramkan Kepala Sekolah yang akan memimpin harus punya visi ke depan.

“Visinya harus mampu menerobos keluar, baik itu mencari dukungan dan bantuan, terobosan kerja sama industri dan pemasaran tamatan,” katanya.

“Dan dijadikan pilot projects dan percontohan bagi daerah lain,” pungkasnya kemudian.

Pria yang akrab disapa Hendro ini, mengapresiasi dukungan Pemkab Sijunjung. “Buktinya ada pembangunan perumahan untuk staf pengajar dengan adanya ini, mereka akan lebih fokus untuk mengajar,” tutupnya. haikal/saptarius