Ketua KPU Sijunjung: Kotak Surat Suara Berbahan Kardus Aman Digunakan

98

JURNAL SUMBAR | Padang – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, memastikan bahwa kotak suara berbahan kardus atau karton kedap air layak digunakan pada Pemilu 2019. Pihaknya sudah mengkaji ketahanan kotak suara tersebut.

Kotak suara pengganti kotak berbahan aluminium itu, kata Arief, mampu menahan bobot tubuh manusia.

“Kotak suara mampu menahan tubuh saya,” ujar Arief dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke 2 (DPTHP-2) yang digelar di Hotel Menara Peninsula, Slipi, Jakarta Barat, pada Sabtu (15/12/2018) seperti dilansir media nasional.

Arief mengatakan bahwa kotak itu sudah digunakan sejak pemilu 2014, Pilkada 2015, Pilkada 2017, dan Pilkada 2018.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, Lindo Karsyah. Menurut mantan wartawan Singgalang itu, bahwa logistik kotak suara dan bilik suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang terbuat dari kardus aman untuk digunakan.

“Didalam bahan kardus tersebut, terdapat bahan duplek yang kedap air, sehingga aman, tidak benar apa yang beredar di media sosial yang viral itu,” Ketua KPU Sijunjung itu sesaat pembukaan acara Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Tahapan Logistik dengan Pemangku Kepentingan di Lingkungan KPU Kabupaten Sijunjung, pada Minggu (16/12/2018) sore di salahsatu hotel berbintang Kota Padang.

“Daya tahan impitnya mencapai 100 kilogram, kemudian akan dibungkus dengan plastik. Sehingga diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir lagi dengan isu yang beredar akhir-akhir ini,” ucap mantan jurnalis itu.

Bahkan sosialisasi yang dipandu sekretaris KPU Sijunjung, Irsal Zamzami itu, juga terungkap daftar pemilih di Sijunjung mencapai 156.361 orang dengan rincian 77.741 pemilih lakilaki dan 78.620 pemilih perempuan dan mereka akan memilih di 716 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Sijunjung. Hal itu disampaikan Gunawan salahsatu komiseoner KPU Sijunjung.

“Dari hasil rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan 2 (DPTHP-2) jumlah pemilih di Kabupaten Sijunjung berjumlah 156.361 dengan rincian, 77.751 laki-laki dan 78.620 perempuan yang telah ditetapkan pada 10 Desember 2018 lalu,” tambah Lindo Karsyah.

Meski pemilihan umum tersisa 4 bulan lagi, namun komisi pemilihan umum (KPU) Sijunjung, Sumatera Barat, sudah siap dengan logistiknya. Tak percaya? Berikut dengarkan penjelasan Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsiah.

“Alhamdallah kita sudah menyiapkan kotak suara 3.580 buah dan 2.864 bilik suara dan saat ini sudah ada ada di gudang SMA 2 Muaro,” kata Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsiah.

Dijelaskan Lindo, untuk surat suara harus sampai 1 bulan sebelum hari pemungutan, kemudian dilakukan pengepakan dan 3 hari sebelum hari pemungutan surat suara, bilik suara dan kotak suara harus didistribusikan.

Sementara Deki Zulkarnaen selaku komisioner KPU Sijunjung, menyebutkan, 337 Caleg di Sijunjung siap ikuti Pemilu 2019. Bahkan kata Deki, Pemilu 2019 hanya menampilkan nama calon dan nomor urut. “Kami juga telah menyiapkan kotak suara dan siap untuk rekapitulasi ditingkat kecamatan setelah dari TPS,”sebut Deki.

Selain diikuti unsur pimpinan OPD terkait, seperti Dinas Perhubungan, BPBD, Kesbangpol Linmas dan Ketua serta Sekretaris PPK se-Kabupaten Sijunjung termasuk mengikutsertakan sekitar 14 wartawan dari media cetak dan elektronik yang bertugas di Sijunjung juga diikuti unsur Polres Sijunjung.

Komisioner KPU Sijunjung sendiri diikuti semua anggota, Lindo Karsyah (ketua), Deki Zulkarnaen, Fahrul Rozi Burda, Gunawan, Nafwan (anggota) dan Irsal Zamzami (sekretaris KPU) juga ikut termasuk sejumlah personel KPU Sijunjung lainya.

Sosialisasi dan rapat koordinasi itu membahas kesiapan menghadapi pesta Demokrasi Pemilu 2019 yang hanya menghitung bulan. “Yang jelas kita di KPU Sijunjung bersama unsur terkait lainnya siap mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang. Hari ini (Minggu hingga Senin, 16/12/2018-red) dilaksanakan sosialisasi dan rapat koordinasi tahapan logistik dengan pemangku kepentingan dilingkungan KPU Sijunjung,” tambah Lindo Karsiah disisi lain pada awak media.

Anggota komisioner KPU Sijunjung, Fahrul Rozi Burda, menyebutkan, KPU Sijunjung telah melakukan tahapan sosialisasi pendidikan Pemilu, pemutahiran data termasuk penetapan Caleg yang berjumlah 373 Caleg di tiga Dapil.

Sedangkan untuk tahapan kampanye, kata Fahrul, KPU Sijunjung telah dilaksanakan sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019. saptarius