Kunker ke Polsek Sumpur Kudus dan Koto VII, AKBP Driharto Disambut Tari Pasambahan

79

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Setelah melakukan lawatan kunjungan kerja (Kunker) ke Polsek Sijunjung, IV Nagari, Luubuktarok, Tanjung Gadang dan Kamang Baru, Senin (10/12/2018) Kapolres Sijunjung, AKBP Driharto, SIK bersama Ketua Bhayangkari Sijunjung, Ny Ratna Driharto kembali melakukan kunkernya secara estapet.

Senin (10/12/2018) itu, sebelum melakukan kunker ke Polsek Koto VII, kapolres yang didampingi sejumlah PJU Polres melakukan kunker ke Polsek Sumpur Kudus. Di Nagari yang dikenal tenun Unggan itu, AKBP Driharto,SIK dan Ny Ratna Driharto beserta rombongan disambut bak marapulai jo anak daro dengan tari pasambahan dan sirih carano.

Kedatangan mantan Intelpam Mabes Polri dan orang nomor wahid di Polres Sijunjung itu disambut langsung Kapolsek Sumpur kmKudus Iptu Mulyadi,SH. Penyambutan yang penuh rasa kebahagian itu pun dilaksanakan di kantor Walinagari Kumanis, Kecamaran Sumpur Kudus. Disana, kapolres mengadakan silaturrahmi dengan tokoh masyarakat se Kecamatan Sumpur Kudus.

Kunker dan silaturrahmi Kapolres Sijunjung AKBP Driharto,SIK dan Ketua Bhayangkari Ratna Driharto dan para PJU Polres Sijunjung tersebut juga dihadiri Kapolsek Sumpur Kudus Iptu Mulyadi, SH, Camat Sumpur Kudus, Danramil 08 Sumpur Kudus, para Walinagari se Kecamatan Sumpur Kudus, Ketua Bhayangkari Ranting Sumpur Kudus beserta Pengurus, tokoh masyarakat Kecanatan Sumpur Kudus dan seluruh personil Polsek Sumpur Kudus juga hadir dalam acara itu.

Dalam silaturrahmi hampir dua jam itu, diawali lsporan Kapolsek Sumpur Kudus sekaligus menggambarkan secara umum situasi Kecamatan Sumpur Kudus. Bahwa Kecamatan Sumpur Kudus suatu kecamaran di Kabupateb Sijunjung tergolong tua, sama dengan Kecamatan Sijunjung dan IV Nagari.

“Budaya ke arifpan lokal masih kental di Kecamatan Sumpur Kudus, karena mayoritas penduduk orang minangkabau,”sebut kapolsek.

Ketua LKAM Kecamaran Sumpur Kudus, J. Rajo Bangke, dalam sambutannya dihadapan kapolres dan rombongan mengucapkan selamat datang di Kecamatan Sumpur Kudus sekaligus menyatakan mohon dukungan penerapan hukum adat sehingga tidak terjadi benturan dengan HAM.

Kapolres Sijunjung sambil perkenalan diri menyampaikan, ucapan terimakasih atas telah dapat meluangkan waktu untuk hadir dan menyisihkan waktu sekaligus untuk menjalin tali silaturrahmi dengan tokoh masyarakat Kecamatan Sumpur Kudus.

Disebut kapolres, berkaitan situasi Kamtibmas kapolres berharap untuk dapat memberdayakan fungsi nagari, tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam penyelesaian kasus dan prioritaskan upaya pencegahan, contohnya seperti kasus penjualan miras jenis tuak kita ditingkat nagari adakan larangan dengan melibatkan bhabinkamtibmas.

“Dalam permasalahan isu dari medsos penanganan berita Hoax agar masyarakat lebih pintar menyaring berita yang diterima atau didapati. Selain itu agar kita bersama sama memberantas narkoba dimulai dari mengawasi anak, keluarga dan lingkungan dan kemudian lapor kepolsek atau polisi,”papar kapolres.

Ditambahkan kapolres, menjelang tahun politik ini pelaksanaan Pilpres dan Pileg agar masyarakat tidak terpecah meskipun mempunyai pilihan yang berbeda agar tetap menjaga situasi selalu kondusif hingga berakhirnya Pileg dan Pilpres 2019 terutama 3,5 bulan akan datang.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dengan tokoh masyarakat. Usai silaturrahmi dilanjutkan acara peninjauan lansung pembangunan Mako Polsek Sumpur Kudus. Setelah itu kapolres dan rombongan lansung melanjutkan kunker ke Polsek Koto VII juga bersilaturrahmi dengan masyarakat disana kapolres disambut Kapolsek Koto VII, AKP Suyanto dan Ketua Bhayangkari Ranting dan Camat Koto VII beserta Danramil setempat dan para walinagari. saptarius