Awali 2019, Mendes PDTT Silahturahmi dengan Seluruh Pegawai

583

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo bersilahturahmi dengan seluruh pegawai Kemendes PDTT di halaman parkir gedung Kemendes PDTT Kalibata pada Selasa (8/1).

Silaturahmi ini diselenggarakan sebagai momentum untuk penguatan Reformasi Birokrasi Kementerian Desa PDTT dan sekaligus mengawali kegiatan Tahun 2019 dengan penuh semangat dan kerja keras bersama.

Dengan maksud dan tujuannya dari silahturahmi ini yakni membangun semangat kebersamaan antara Pimpinan dengan seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Desa PDTT untuk mewujudkan Birokrasi yang akuntabel, efektif dan efisien.

Selain itu juga dimaksudkan untuk membangun transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintahan dan menyelaraskan capaian dan program kementerian demi pembangunan berkelanjutan.

Kemendes PDTT sejak terbentuknya 2014 terus melakukan
perbaikan kinerja. Hal ini terlihat dari Indeks Reformasi Birokrasi yang meningkat menjadi 64,16 pada 2017 dari sebelumnya 63,79. Tata kelola arsip kementerian meningkat pesat dari sebelumnya peringkat 32 menjadi peringkat 6 pada 2017. Selain itu,
berdasarkan penilaian Ombudsman terkait standar pelayanan berada di zona hijau pada 2018. Nilai akuntabilitas kinerja juga meningkat menjadi 61,79 pada 2017 dari sebelumnya 60,95. Pada 2017, opini yang dirilis BPK menunjukkan Kemendes PDTT berhasil mempertahankan Laporan Keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Kinerja penganggaran meningkat pada 2018 menjadi 92,83 perseb dari sebelumnya 88 persen. Begitu pula dengan tunjangan kinerja naik dari 47 persen menjadi 60 persen.

“Serta sejumlah prestasi lainnya, prestasi ini merupakan buah dari komitmen, perjuangan dan kerja keras seluruh pegawai. Mari jadikan ini sebagai
penyemangat untuk semakin produktif, berkelas, dan profesional pada tahun 2019. Atas nama kemendes saya ucapkan banyak terima kasih karena telah kerja keras di tahun 2018 yang dalam 4 tahun ini kita telah menunjukkan kinerjanya hingga Kemendes PDTT telah menjadi salah satu yang terbaik,” katanya.

Lebih lanjut, Mendes PDTT juga mengapresiasi bahwa berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015 ‐ 2019, sasaran pembangunan desa dalam hal pengentasan 5.000 desa tertinggal menjadi desa berkembang dan peningkatan 2.000 desa berkembang menjadi desa mandiri telah terlampaui.

“Presiden ditrenggalek menyampaikan tingkat kepuasan tertinggi salah satunya program dana desa yang mencapai 85 persen. Memang masih banyak masalah. Namun dengan kerja keras kita semua, program ini bisa berjalan dengan baik. Pekerjaan belum selesai masih ada desa tertinggal walaupun target RPJM sudah terlampaui, kita harus terus kerja keras agar kemiskinan warga desa bisa terentaskan dan masyarakat desa juga terus semakin sejahtera,” katanya.

Dalam silahturahmi ini, seluruh jajaran pegawai dilingkungan Kemendes PDTT berkomitmen yang tertuang dalam Komitmen Kalibata 2019 yakni meningkatkan kinerja Kemendes PDTT dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa, daerah tertinggal dan transmigrasi.

Selain itu juga berkomitmen dalam menjunjung tinggi nilai-nilai akuntabilitas, profesional, integritas dan kebersamaan dalam menjalankan tugas dan pengabdian serta menjalankan seluruh program reformasi birokrasi melalui peningkatan kapasitas birokrasi, peningkayan pelayanan publik dan menghilangkan korupsi, kolusi dan nepotisme.

Bukan hanya komitmen  para pegawai, kegiatan silahturahmi juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas oleh seluruh Pejabat Tinggi Madya yang disaksikan oleh Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo.

Diakhir acara silahturahmi, para pegawai Kemendes PDTT mendapatkan siraman rohani dari KH. Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq  dan mendapat hiburan dari grup band Armada Band serta pembagian doorprize. Rilis Kemendes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here