Bakat Bela Negara Disiapkan, Dikbasis Menwa UNP ‘Digeber’

120

JURNAL SUMBAR | Padang — Pemberdayaan Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia di Universitas Negeri Padang (UNP) dalam bela negara tak ayal berkelanjutan pada Pendidikan Basis (Dikbasis) Satuan. Pembukaan Dikbasis Menwa Batalyon 102 Maha Bhakti UNP membawa semangat pada pengkaderan personil.

“Menwa merupakan wadah bagi pengembangan diri mahasiswa kearah perkembangan wawasan dan peningkatan rasa keikutsertaan dalam upaya belanegara. Untuk itu anggota Menwa UNP wajib memiliki mental yang kuat sebagai salah satu unsur rakyat terlatih,” ujar Wakil Rektor 3 UNP, Prof Ardipal yang diwakili Kasubag MPIK (Minat Bakat Penalaran Informasi Kemahasiswaan), Syamsul Bahri dalam sambutanya pada pembukaan Dikbasis, Sabtu (29/12) dilapangan SMA Pembangunan UNP.

Dikatakannya, sebagai kampus kebangsaan UNP terus berupaya untuk membangun jiwa nasionalisme dan bela negara para mahasiswanya. Salah satunya melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Menwa, yang kian terus melakukan penanaman dan penyebaran jiwa nasionalisme dan bela negara pada para anggotanya dan mahasiswa. UKM Menwa ini berperan penting dan strategis dalam mencetak duta-duta bela negara di lingkungan UNP.

Sementara itu Muhammad Rido Komandan Menwa UNP dalam sambutan singkatnya mengatakan akan terus melakukan koordinasi dengan pimpinan UNP terkait pengembangan karakter bela negara bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa baru.

“Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak mahasiswa perwakilan dari seluruh fakultas di lingkungan UNP. Mereka akan dididik dan dilatih untuk memiliki karakter seorang pemimpin yang cinta negara,” ujar M Ridho,

Selain dihadiri oleh beberapa pimpinan di lingkungan UNP juga dihadiri oleh perwakilan dari TNI Polri yang ada di wilayah Sumbar serta beberapa senior Menwa dari beberapa kampus negeri dan swasta yang ada.

Sebelumnya Komandan Satgas Batalyon 102 MB/UNP, Randi Juniansa melaporkan, 26 mahasiswa UNP yang mengikuti Dikbasis ini dalam pembinaan mental dan karakter yang solid dan kuat dalam situasi serta kondisi yang berbeda-beda. Target yang ingin dicapai, diantaranya, menjadi kader-kader bangsa yang jujur, adil dan merakyat dan peserta berkemampuam mengembangkan diri dan meningkatkan profesionalitas. (Humas UNP/Agusmardi)