Penghulu Kaum Jambak, Kosri “Ikon” Warman Resmi Bergelar Datuak Tanun Mangkuto

302

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Kosri Warman, SAg resmi jadi Penghulu Kaum Jambak Nan Batujuah dalam Lareh Nan Batigo di Nagari Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan. Mantan kepala kampung Labuhan yang akrab disapa Ikon ini dilewakan dengan gelar Datuak Tanun Mangkuto, Sabtu tanggal 12 Januari 2019 di Sawah Bukit, Nagari Koto VIII Pelangai.

Acara batagak penghulu “Maisi Adat, Manuangkan Limbago” Datuak Tanun Mangkuto ini dipimpin langsung oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pelangai, Jarsil Jack Dt. Pintu Langik, SH, MH. Hadir Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kecamatan Ranah Pesisir, Pucuak dan Penghulu Kaum Se Nagari Pelangai, perwakilan Muspika Kecamatan Ranah Pesisir dan banyak tokoh masyatakat.

Kosri Warman dilewakan jadi Penghulu Kaum dengan gelar Datuak Tanun Mangkuto setelah melewati sidang sako dan pusako yang dipimpin oleh HB Dt. Patiah Malawani pada tanggal 25 November 2017 di KAN Pelangai. Ia mewarisi gelar adat dari mamandanya, Jamaran Dt. Tanun Mangkuto yang meninggal dunia pada tanggal 18 Agustus 2017 di Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman.

Kaum Jambak pangkuan Datuak Tanun Mangkuto tersebar di Lubuk Cubadak nagari Pelangai Kecil, Paleh dan Sawah Bukik nagari Koto VIII Pelangai di kecamatan Ranah Pesisir, dan Lagan di Kecamatan Linggo Sari Baganti. 4 November 2017, kaum Datuak Tanun Mangkuto ini membuat kebulatan kaum mengangkat Kosri Warman jadi penghulu kaum menggantikan mamandanya, Jamaran yang meninggal dunia.

“Dengan telah dilewakannya Angku Datua Tanun Mangkuto, secara otomatis resmi menjadi anggota Kerapatan Adat Nagari Pelangai, dan sekaligus jadi anggota LKAAM Kecamatan Ranah Pesisir, LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan dan LKAAM Provinsi Sumatera Barat,” sebut Ketua KAN Pelangai Jasril Jack Dt. Pintu Langik dalam sambutannya. “Mari bersama-sama menjaga marwah ninik mamak Nagari Pelangai, dan ikut serta mendorong pembangunan nagari, terutama dalam mengayomi anak kemanakan,” tambahnya.

Kosri Warman dalam sambutannya menyatakan sikap siap bekerja sama dengan seluruh ninik mamak Nagari Pelangai dalam membantu pembangunan nagari, terutama dalam membina anak kemenakan. “Untuk itu, saya akan terus bergandeng tangan dengan seluruh ninik mamak, dan selalu minta pendapat kepada nan tuo-tuo,” tegasnya. Rilis