Perlu Segera Penanganan, Jembatan Menuju Puskemas Lubuktarok Sijunjung Kritis

173

Jurnal Sumbar | Sijunjung-Memprihatinkan. Agaknya itulah kondisi akses “jalan” jembatan menuju pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Lubuktarok, yang terletek di Jorong Tigokorong, Nagari Lubuktarok, Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, yang saat ini mengalami kritis tingkat akut kerusakanya.

“Jika tidak segera diperbaki, dikuatirkan jembatan ini akan menelan korban jiwa. Lihat saja kondisinya sangat mempriatinkan, semua lantainya sudah melapuk dan perlu perbaikan,” ujar S.Pado Putieh salah seorang warga setempat berkeluh kesah pada awak media, Jumat (11/1/2019).

“Kami berharap agar Pemkab Sijunjung segera menperbaikinya dan kami juga berharap bisa dibangun jembatan permanen. Apa lagi jembatan ini bukan saja menghubungkan dari dan ke Jorong Tigokorong tapi juga akses menuju Puskesmas dan menjadi sarana fasilitas jalan umum,”tambahnya.

Hal yang sama juga diungkapkan warga lainnya. “Kami yo agak-agak takuik pulo lewat jembatan iko. Lantainyo pado malapuak, kalau indak hari-hati bisa petaka dibueknyo,”ujar seorang ibu rumah tangga saat itu.

Camat Lubuktarok, Hamdan pun tak menapik kondisi jembatan yang sudah melapuk itu. Ia berjanji akan segera melaporkan ke Dinas PUPR Sijunjung. “Akan segera kita sampai ke pihak Dinas PUPR,”ucapnya prihatin melihat kondisi jembatan akses menuju Puskesmas Lubuktarok itu pada awak media, Jumat (11/1/2019).

Tak hanya jembatan, sejumlah ruas jalan juga banyak yang rusak di kecamatan itu. Bahkan jalan kabupaten di Lubuknikek Lubukrarok juga ada yang terban, begitu juga ruas jalan Batuajung-Paleh juga perlu perhatian serius.

Kepala Dinas PUPR Sijunjung, Ir Budi Syafriman, berjanji akan segera meresponnya. “Terimakasih infonya, segera kita tinjau kelapangan,”ucapnya singkat dibalik telepon selularnya, Jumat (11/1/2018). (saptarius)