Polres Pessel Gelar Pembinaan dan Pelatihan Bagi Calon Anggota Polri

111

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Kapolres Pessel AKBP Fery Herlambang, SIK, MM melalui Kabag Sumda Kompol Yuharmen beserta anggota dari Biro SDM Polda Sumbar melaksanakan Pembinaan dan Pelatihan Calon Anggota Polri Tahun 2019 di Gor Zeini Zein Painan, Senin, (07/01/2018).

Hadir dalam kegiatan dari Biro SDM Polda Sumbar Kompol Hariyanto, SH. MM, Iptu Elfieri, Ipda Nina, Bripda Taufan.

Kompol Heri menjelaskan secara umum apa yang harus dipersiapkan dalam menghadapi tes menjadi anggota Polri.

Iptu Elfiheri menjelaskan bagian kesehatan agar calon anggota polri menjaga kesehatan dan mencek kesehatannya.

Ipda Nina menjelaskan tentang phisikologi, agar calon anggota polri rajin membaca dan siap menghadapi tes nantinya.

Brigadir Rudini bagian kesamaptan jasmani menjelaskan tetang nilai lari, jumlah push up, shit up, pull up yang bagus, agar calon anggota polri mempersiapkan fisik sebelum tes nantinya.

Dalam kegiatan tersebut bhabinkamtibmas sejajaran Polres Pessel membawa anak sekolah masing-masing kecamatan untuk dilakukan pembinaan dan pelatihan calon anggota polri sebanyak 350 laki-laki dan 150 wanita hadir di Gor Zaini Zein Painan.

Untuk memperbaki proses rekruitmen anggota Polri agar semakin berkualitas, Polri telah melakukan perubahan subtansi dan kultur yang diwujudkan dalam akselerasi transformasi ditubuh Polri, utamanya pada proses penerimaan anggota Polri dengan mengacu pada prinsip dasar penerimaan yaitu “BETAH” yang merupakan kepanjangan dari Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

Untuk menjaring pendaftarab Polri telah melakukan berbagai sosialisasi terbuka, baik melalui media massa, spanduk, baliho maupun sosialisasi secara langsung ke masyarakat atau ke sekolah.

Semua tahapan seleksi dilakukan secara terbuka dimana seluruh peserta seleksi bisa melihat sendiri hasil selksi disetiap tahapannya, mulai dari proses penerimaan berkas, pemeriksaan administrasi, kesehatan, tes akademik, psikotes dan kesamaptaan dan jasmani hingga proses kelulusab semua dalam pengawasan. (Rega Desfinal)