Rendy Lamadjido Anggota Komisi V DPR RI “Geram” Melihat Cara Mitigasi Bencana BNPB

170

Jurnal Sumbar | Jakarta – Rendy Lamadjido mengaku geram melihat cara pelaksanaan mitigasi bencana yang dilakukan oleh BNPB, terlebih lagi adanya fakta bahwa kelalaian dalam perawatan tsunami bouy dan sistem deteksi tsunami lainnya.

“Secara teknis, penanggung jawabnya adalah BNPB, dan kalaupun ada kebutuhan penambahan anggaran perawatan, harusnya dirembukan lagi dengan komisi V DPR RI sehingga tak ada lagi alasan tersebut”, tegasnya dalam Diskusi Publik yang ditajuk oleh jitunews.com di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (3/1) siang.

Kesalahan dan kelalaian dalam mitigasi bencana tersebut, saya kira, akibat tidak adanya koordinasi antara BNPB dan BMKG di tingkat pusat maupun daerah. Padahal DPR RI sudah mendukung program mitigasi bencana tersebut dengan menyetujui setiap anggaran yang diperlukan, tambahnya.

Rendy Lamadjido juga menyarankan kepada BNPB untuk menerapkan sistem manajemen bencana yang jelas, tidak “amburadul” seperti sekarang ini.

“Apakah akan menerapkan sistem Disaster Manajemen Venter atau Sistem Disaster Manajemen Badan (official), ataupun Crisis Management System, gak jelas dan bercampur aduk,” ungkapnya. tom