Bekal Kehidupan Anak, Lisda: Pemahaman Agama dan Alquran Perlu Ditingkatkan

Jurnal Sumbar

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Ketua TP PKK Lisda Hendrajoni sampaikan, keluarga dinilai berperan penting untuk meningkatkan pemahaman agama dan Alquran bagi generasi muda khususnya sejak usia dini.

Keluarga terutama orang tua yang harus mengenalkan Alquran sejak dini kepada anak-anak karna pelajaran agama sebagai bekal bagi kehidupan anak-anak sampai akhir hayat.

Hal ini disampaikan Ketua Pengerak PKK Lisda Hendrajoni, Sabtu (09/02/2019). Menurutnya, sewaktu belajar mengenal al-Quran dulu memang belum menggunakan metoda membaca seperti sekarang. Ternyata metode Iqra’ itu lebih sederhana, simpel dan mudah dipahami, jelasnya

Dimana mendidik generasi Qurani merupakan kewajiban orang tua sehingga kedepan anak-anak mampu membaca sekaligus memahami nilai-nilai Islami. Generasi muda dapat mulai memahami Alquran sejak dini dengan memperkenalkannya terlebih dahulu.

PERANTAU SIJUNJUNG

“Bagaimana ingin paham jika tidak menyukai, bagaimana ingin menyukai jika tidak kenal, demikian juga dengan Alquran, orang tua harus bisa mengenalkan Alquran sejak dini,” jelasnya .

Orang tua juga diminta bisa meluangkan waktunya untuk mengenalkan Alquran. Saat ini, waktu anak-anak banyak dihabiskan di sekolah dari pagi hingga sore hari tanpa cukup mendapatkan pembelajaran Agama dan Alquraan. Banyak orang tua yang merasa anaknya telah cukup mendapatkan pembelajaranAgama dan Alquran di sekolah karena menilai anak sekolah telah belajar satu paket dengan pendidikan agama.

Sekolah pun merasa bahwa anak tak perlu lagi mendapatkan tambahan pembelajaran Alquran karena merasa orang tuanya telah mengajarkannya atau memberikan pendidikan agama tambahan di luar sekolah.

Orang tua pun diminta agar menanamkan kebiasaan yang baik, kebersihan,  sopan santun, disiplin, kejujuran, jelas Lisda. (Rega Desfinal)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.