Berharap Bangun Kantor Polsek di Kupitan, Amrizal Dt Rangkayo Mulia Hibahkan Tanah ke Polri

367

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – “Sudah ada 15 kapolres pimpin Polres Sijunjung. Namun sampai saat ini belum ada terbangun kantor Polsek di tempat kami di Kecamatan Kupitan,” kata Amrizal Dt Rangkayo Mulia salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Kupitan berkeluh kesah ke hadapan Kapolda Sumbar Irjend Pol Drs Fakhrizal, MHum dan “Buya” Prof Syafi’i Ma’arif saat menghadiri peresmian kantor Polsek Sumpurkudus, Selasa (19/2/2019).

“Nah, untuk itu kami memohon pada bapak Kapolda yang ganteng dan “Buya” Syafi’i Ma’arif, untuk bisa membantu pendirian kantor Mapolsek di Kupitan. Berapa pun tanah yang dibutuhkan kami sediakan dan ini sertifikanya,” ucap Amrizal Dt Rangkayo Mulia saat penyerahan tanah untuk pembangunan kantor Polsek di Kupitan.

“Silahkan pergunakan tanah secukupnya, untuk pembangunan kantor Mapolsek dan rumah dinas kapolsek, rumah wakapolsek dan rumah dinas para kanit. Untuk itu pula tolong juga buatkan sarana olahraga diharapkan antara warga dan polisi untuk saling bersinergi,” ucap Amrizal Dt Rangkayo Mulia sambil menyerahkan surat-surat tanah hibah itu.

“Semoga Kupitan ini menjadi Polsek termuda di Indonesia, dan ini sudah sejak lama ditunggu masyarakat,” tambah tokoh masyarakat Kupitan yang berdomisili di Kota Surabaya itu.

Selain itu, masyarakat Mangganti dan Kamangbaru juga menyerahkan surat tanah hibah ke Polri berharap adanya pembangunan Pospol di daerah mereka. Berkas surat-surat tanah hibah tersebut secara simbolis atas nama Polri diterima Kapolres Sijunjung, AKBP Driharto, SIK, disaksikan Kapolda Sumbar Irjend Pol Drs Fakhrizal, MHum dan “Buya” Prof Syafi’i Ma’arif dan Bupati Sijunjung, Yuawir Arifin dan Ketua DPRD Sijunjung, Yusnidarti dan unsur Forkopimda lainnya.

Kapolda Sumbar Irjend Pol Drs Fakhrizal,MHum atas pemberian tanah hibah tersebut tentu merasa bangga. “Semoga harapan masyarakat bisa terwujud dan kira juga berharap “Buya” juga menyampaikan pada Kapolri permintaan warga ini,” kata kapolda ketika itu.

Usai penyerahan tanah, Kapolda Sumbar Irjend Pol Drs Fakhrizal, MHum dan “Buya” Prof Syafi’i Ma’arif dan Bupati Sijunjung, Yuawir Arifin dan Ketua DPRD Sijunjung, Yusnidarti dan unsur Forkopimda lainnya langsung melakukan peninjauan lokasi tanah yang dibihakan ke Polri untuk pembangunan kantor Polsek Kupitan itu.

Dalam peninjauan lokasi rencana untuk pembangunan kantor Polsek Kupitan itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Fahkrizal, M.Hum beserta rombongan didampingi tokoh perantau dari Padangsibusuk, Amrizal Zain Datuk Rangkayo Mulia, Kapolres Sijunjung AKBP Driharto, SIK beserta Kapolres tetangga Kota Sawahlunto dan Kabupaten Tanah Datar, Kapolsek IV Nagari, AKP Suyanto, SH, unsur Forkopincam Kupitan, para Walinagari se-Kecamatan Kupitan dan Perwakilan tokoh masyarakat, tokoh adat, Ninik Mamak Nagari Padangsibusuk juga hadir kala itu.

Dilokasi tersebut sempat dilaksanakan dialog antara kapolda dan Amrizal Zain Dt Rangkayo Mulia. “Masyarakat dari Kecamatan Kupitan sudah lama mengidamkan keberadaan Polsek Kupitan untuk proses penegakan hukum bisa lancar,”kata Amrizal.

Amrizal berharap menginginkan secepatnya direalisasikan bangunan Polsek Kupitan dan bangunannya tampil beda dengan polsek lainnya sehingga keberadaan polsek dapat membina cucu kemenakan jangan sampai terlibat kriminalitas.

Menanggapi hal tersebut kapolda mengucapkan terimakasih kepada Datuk Amrizal Zain yang telah menghibahkan tanahnya untuk bangunan Mapolsek Kupitan.

Bahkan Kapolda Sumbar berjanji akan segera memproses administrasi dengan membuat perencanaan dan apabila cepat proses administrasinya kemungkinan anggaran akan turun untuk rencana bangun polsek. Semoga! saptarius