Bola Basket Invitasi Bupati Cup 2019 Digelar

84

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, H. Yuswir Arifin, membuka secara resmi Turnamen Bola Basket Invitasi Bupati CUP Tahun 2019 untuk kelompok umur 20 tahun se -Sumatera Barat dan antar SLTA se-Kabupaten Sijunjung, di Sibinuang Sakti Muaro Sijunjuang, Senin (25/2/2019).

Kegiatan yang digelar Pemkab Sijunjung melalui Disparpora bersama Pengkab PERBASI Sijunjung ini dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten ke-70 tahun 2019, dilaksanakan selama 6 hari, dari Senin hingga Sabtu (25 Februari sampai dengan 2 Maret 2019).

Bupati Yuswir Arifin dalam sambutannya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dan memeriahkan turnamen Bola Basket Invitasi Bupati Cup tahun 2019 ini.

Ia juga menyampaikan bahwa Turnamen Bola Basket Invitasi Bupati Cup yang dilaksanakan ini,selain dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke 70,
juga sebagai ajang melihat sejauh mana hasil dari latihan dan pembinaan yang telah dilakukan oleh klub klub didaerah masing masing.

“Melalui iven ini, kita dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari pada atlit yang kita bina, supaya kita dapat memperbaiki dan meningkatkan atlit kita untuk bersaing di tingkat provinsi nantinya,” ucap bupati.

Bupati juga berharap agar turnamen Bola Basket ini dapat menjadi salah satu kalender iven Perbasi untuk tahun yang akan datang serta di diikuti oleh banyak atlit Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Barat.

Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Mulim juga mengapresiasi terselenggaranya turnamen bola basket ini, “Semoga acara ini berjalan dengan sukses dan lancar, serta ditahun berikutnya, akan lebih meriah lagi dengan diikuti lebih banyak peserta dari Kabupaten dan Kota se Sumbar,” ucapnya.

Ketua Umum Pengkab PERBASI Sijunjung, Drs. Musprianti dalam laporannya menyampaikan bahwa Turnamen Bola Basket Invitasi Bupati Cup tahun 2019 ini, selain dari program kerja Pengkab Perbasi Sijunjung tahun 2019, juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke -70.

“Kegiatan ini terdiri dari 2 kategori yaitu, kelompok umur 20 tahun, atau atlet dengan batas kelahiran tahun 1999, dengan kategori yang dipertandingkan adalah putra dan putri se Sumbar, dengan format peserta yang ikut adalah Invitasi atau diundang oleh panitia (bukan open turnamen). Selanjutnya antar SLTA se Kabupaten Sijunjung dengan kategori yang dipertandingkan adalah putra dan putri,” katanya.

Kelompok umur 20 berasal dari kabupaten dan kota se-Sumbar, diikuti sebanyak 8 klub pPutra diantaranya, Klub Agressiv Agam, VVC Tanah Datar, Parmato Solok, Pengkab Padang Pariaman, Laraks Tanah Datar, Pengkab Dharmasraya, OGC Padang dan Klub Binuang Sakti Sijunjung, serta 5 Klub Putri diantaranya, Klub OGC Padang, Parmato Solok, Pengkab Dharmasraya, BSBBC 50 Kota dan Klub Binuang Sakti Sijunjung. Format pertandingan adalah setengah kompetisi.

Sedangkan antar SLTA se-Kabupaten Sijunjung diikuti 8 sekolah diantaranya, SMAN 1 Sijunjung, SMAN 2 , SMAN 3, SMAN 5, SMAN 7, SMAN 10, SMAN 12 dan SMK N 1 Sijunjung, serta 6 kelompok putri diantaranya, SMAN 1 Sijunjung, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 5, SMAN 7 dan SMA N 12 Sijunjung. Dengan memakai format pertandingan sistim gugur,” tambah Musprianti. andri