Dayuang Palinggam, Polres Solok dan Anggaraksa Boyong Piala Bergilir Kapolda

193

JURNAL SUMBAR | Padang – Helat kejuaraan selaju sampan Dayuang Palinggam Piala Kapolda Sumbar 2019 berakhir sudah. Tim dayung Polres Kabupaten Solok dan Anggaraksa keluar jadi Juara 1, dan masing-masing memboyong piala bergilir dan piala tetap, plus uang pembinaan Rp25 juta.

Kejuaraan dayung tradisional yang disponsori secara pribadi oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs. Fakhrizal, MHum dengan total hadiah Rp100 juta ini berlangsung dari hari Rabu tanggal 20 sampai Minggu, 25 Februari 2019 berlangsung aman, lancar dan sukses. Ribuan penonton setiap hari memadati bantaran sungai Batang Arau menyaksikan 117 tim dayung unjuk kehebatan.

117 tim dayung yang ikut berlaga itu terdiri dari 21 tim khusus Polisi dan 96 tim Umum atau Terbuka.

Kategori khusus Polisi, tim dayung Polres Kabupaten Solok berhasil keluar jadi Juara 1 atau Juara Umum dan berhak memboyong piala bergilir Kapolda plus piala tetap dan uang pembinaan Rp25 juta. Juara 2, Polres Dharmasraya, dengan hadiah piala tetap plus uang Rp15 juta, dan Juara 3, Dit Polairud, dapat piala tetap dan uang Rp10 juta.

Hadiah Juara 1 kategori khusus Polisi diserahkan langsung oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs. Fakhrizal, MHum pada waktu pembukaan kejuaraan, Rabu sore, 20 Februari. Khusus Polisi, lomba dilaksanakan pada hari pertama dan selesai menjelang acara serimoni pembukaan dimulai. Kapolda Fakhrizal didampingi isteri dan Kajati Sumbar langsung melepas partai final antara Polres Solok dan Dharmasraya dengan turun ke sungai naik perahu karet.

Hari kedua sampai terakhir, 96 tim dayung kategori Umum atau Terbuka berlaga memperebutkan piala bergilir Kapolda dengan hadiah juara 1 Rp25 juta, juara 2 Rp15 juta dan juara 3 Rp10 juta. Dan keluar sebagai Juara 1 tim dayung Anggaraksa, Juara 2 BTS Sehati dan Juara 3 Anggaraksa, dan Juara 4 atau Favorit, tim dayung Yudha Sakti.

“Alhamdulillah, kejuaraan berjalan lancar, aman dan sukses,” sebut Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Selaju Sampan Dayuang Palinggam Piala Kapolda Sumbar 2019, Novermal, SH usai acara penyerahan piala, Minggu sore di Seberang Palinggam. “Kami bangga dengan antusiasnya masyarakat menonton perlombaan sampai final,” tambahnya.

Dikatakan Novermal, dengan adanya selaju sampan Dayuang Palinggam ini, diharapkan olahraga dayung tradisional kembali hidup, dan bisa menghasilkan bibit-bibit pendayung hebat, yang bisa mengharumkan nama Sumbar di tingkat nasional dan internasional. “Kejuaraan ini juga sebagai ajang penjaringan atlet berbakat oleh PODSI Sumbar,” jelasnya.

Ditambahkannya, kejuaraan selaju sampan ini juga mendorong masyarakat di sepanjang aliran sungai Batang Arau dan sungai-sungai lainnya di kota Padang, untuk menjaga kelestarian sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai. “Kejuaraan selaju sampan ini juga memajukan pariwisata kota Padang,” tambahnya.

Diakui Novermal, banyak hal yang perlu dievaluasi dalam kejuaraan selaju sampan Dayuang Palinggam. “Kita akan lakukan evaluasi mengeluruh, sehingga even berikutnya bisa lebih baik,” tegasnya. “Alhamdulillah, Bapak Kapolda Irjen Pol Drs. Fakhrizal, MHum sudah berjanji menjadikan Selaju Sampan Dayuang Palinggam Piala Kapolda Sumbar jadi iven tahunan,” tambahnya.

Seperti diketahui, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs. Fakhrizal, MHum mensponsori Dayuang Palinggam secara pribadi merupakan kecintaannya terhadap olahraga tradisional di Sumatera Barat. Sudah banyak iven olahraga yang disponsori oleh Sumando Rang Seberang Palinggam itu. Rilis