Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Panjang Tanda Tangani MOU  Dengan STES Manna Wasalwa.

151

Jurnal Sumbar | Padang Panjang – Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Panjang melakukan penanda tanganan MOU (Memorandum of Understanding) dengan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STES) Manna Wasalwa pada hari Kamis Tanggal 7 Februari 2019.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Panjang Drs. Arpan, SH, kerjasama ini bertujuan untuk pembinaan dan pendampingan Koperasi-koperasi yang ada di Kota Padang Panjang untuk di konversi menjadi koperasi dengan prinsip syariah. “Kita sangat menyambut baik kerjasama ini, karena sangat membantu pemerintah Kota Padang Panjang dalam menjadikan koperasi konvensional berubah menjadi koperasi syariah”.

Disamping itu Arpan juga menyampaikan dengan adanya pendampingan dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STES) Manna Wasalwa Tujuan MoU untuk menyiapkan dan pendampingan koperasi sesuai dg kapasitas dan kemampuannya, serta untuk pembinaan berupa bimbingan teknis tentang tata cara pembuatan pembukuan, manajemen koperasi prinsip-prinsip syariah dan pelatihan.

Sedangkan menurut Ketua STES Manna Wasalwa Zakaria Azis, M.Pd, MOU ini juga dimaksudkan untuk mendukung kemajuan koperasi syariah di Kota Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekah merupakan komitmen bersama antara pemko dengan pihak STES dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis koperasi melalui prinsip-prinsip ekononi syariah sehingga terhindar dr transaksi riba, dengan program kerjasama ini bisa menjadikan Padang Panjang sebagai contoh koperasi syariah di Sumatera Barat. (Edi Suandi)