Dua Balon Bupati Tanah Datar Diapungkan di Musrenbang Tabek Patah

242

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Dengan lahan yang disediakan ninik mamak nagari Tabek Patah dan bantuan dana Pokir BKBK (bantuan keuangan bersifat khusus) yang kita sediakan sebesar Rp700 juta, akhirnya para ninik mamak nagari Tabek Patah berhasil membangun kantor KAN (Kerapatan Adat Nagari) Nagari Tabek Patah.

Hal itu dijelaskan anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari Dt Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh kepada jurnalsumbar.com didampingi anggota DPRD Dekminil di sela-sela Musrenbang nagari Tabek Patah di gedung KAN nagari Tabek Patah, Senin (18/2).

Dengan berdirinya kantor KAN Nagari Tabek Patah, NZ Dt Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh merasa gembira dan salut terhadap kekompakan ninik mamak nagari Tabek Patah yang berjumlah 60 orang.

Untuk finishing pembangunan kantor KAN itu, sebut NZ Dt Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh akan dikucurkan lagi dana BKBK sebesar Rp 350 juta tahun 2019. “Diharapkan tambahan dana sebesar itu, nagari Tabek Patah betul-betul memiliki gedung KAN besar dan selesai,” tutur NZ Dt Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh.

Disamping itu, NZ Dt Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh mengharapkan para ASN yang berada di wilayah 2 terus meningkatkan kinerjanya, sehingga dengan peningkatan kinerja, ASN sedang berkiprah bisa terus meraih jabatannya ke tingkat lebih tinggi.

Kita mengharapkan nanti, tutur NZ Dt Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh dengan dukungan masyarakat di dapil 2 bisa pula mengapungkan balon bupati dari dapil 2. “Dari dapil 2 ada beberapa balon bupati yang bisa diapungkan. Termasuk saya salah satunya,” ucap NZ Dt Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh berseloro.

Seterusnya, ketua tim kabupaten diwakili Kabid PMD – PMBKB Tanah Datar Musfi  Yendra mengatakan, Musrenbang yang dilaksnakan Januari – Februari 2019 bertujuan membahas setrategis pembangunan yang ada di nagari.

Dalam musrenbang tentu kita mendahulukan nagari kurang disentu pembangunan, namun tetap dimasukan dalam aktivitas musrenbang. “Untuk itu kita minta pemnag terus memantau eksistensi nagari,” ujar Musfi seraya meminta pemnag meningkatkan keberadaan pariwisata nagari tabek patah.

Sementara itu, Walinagari Tabek Patah Krisman H Dt Rajo Nan Kayo menyampaikan, kegiatan skala prioritas pembangunan pada 2019 melanjutkan pembangunan tribune lapangan bola volly, rehab area pasar nagari, pemberdayaan perangkat nagari, dan peningkatan jalan nagari.

Selanjutnya, pengaspalan jalan, pendaman jaringan irigasi, pelatihan masyarakat usaha ekonomi kreatif, dan pembangunan puskesmas pembantu Koto Alam.

Aktivitas musrenbang, tutur Wali K H Dt Rajo Nan Kayo merupakan langkah nyata mengetahui kebutuhan masyarakat terhadap program pembangunan prioritas ingin dicapai dan dilaksanakan berujung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Nagari Tabek Patah.

Musrenbang  meriah itu dihadiri pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), Camat Salimpaung Liza Martini, Forkopimca Salimpauang,lembaga unsur dan tokoh masyarakat dan undangan lain. habede