Kembangkan Nagari Terindah “Pariangan”, Ini Ide Saidani

1171

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Kalau belum berkunjung ke nagari terindah Pariangan, berarti anda dikatakan belum pernah mengunjungi Tanah Datar Luhak Nan Tuo, Sumatera Barat. Demikian dikemukan wakil ketua DPRD Tanah Datar, Saidani dalam arahannya ketika musrenbang nagari Pariangan di kantor wali nagari Pariangan, Kamis (14/2).

Untuk mengembangkan nagari terindah itu, sebut Saidani, harus mempedomani beberapa pilar, yakni
membangun infrastruktur jalan, dengan mulusnya jalan Pariangan akan mengundang banyak pengunjung datang ke Pariangan nagari Terindah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Dan memantapkan ekonomi kreatif dengan melakukan pelatihan, sehingga menghasilkan berbagai produk souvenir, kuliner, pengembangan kain batik pariangan memiliki motif khusus dan lain-lain . “Khusus promosi home idustri, kita punya rumah promosi di jorong Pariangan yaitu, rumah gadang Dt Kayo di jorong Pariangan, setiap saat rumah promosi bisa dikunjungi para pelancong,” tutur Saidani politisi PKS yang akrab dengan masyarakat tersebut.

Disamping itu, sebut Saidani, pemerintah nagari diharapkan dapat pula menyelenggarakan iven festival seni budaya, randai, tari, lomba lagu Minang, olahraga pacu jawi dan lain-lain.

Seterusnya, menjaga sikap mental masyarakat dengan melayani pengunjung dengan sopan dan ramah. “Dengan melaksanakan pilar-pilar ini, maka pariwisata Pariangan akan lebih maju nantinya. Saya haqul yakin Pariangan nagari Terindah dunia akan berhasil dan ekonomi masyakat lebih meningkat,” tekan Saidani.

Untuk merealisasikan eksistensi pariwisata itu, Saidani putera nagari Tuo Pariangan itu mengharapkan masyarakat Pariangan harus siap menerima  pengunjung dengan rasa  senang hati.

Bicara tahun politik, Saidani menyebutkan hendaknya dihadapi secara damai. Khusus penyusunan anggaran APBD 2020 dibikin anggota DPRD sekarang tetapi bakal dilaksanakan anggota DPRD baru. “Agar anggaran itu dilaksanakan, pilih saya dalam pemilu akan datang,” gurau Saidani disambut aplaus hadirin.

Seterusnya,Wali nagari Pariangan April Khatib Saidi mendukung pendapat ketua DPRD Saidani dan dalam musrenbang nagari Pariangan tahun 2020 banyak mengarah kepada kegiatan fisik, sehingga nagari Terindah Pariangan memiliki infrastruktur memadai dan semakin ramai dikunjungi pelancong domestik dan manca negara.

Dari catatan yang ada, kata Wali nagari A Khatib Saidi, pelancong berkunjung ke nagari Terindah dari tahun ke tahun terus meningkat untuk itu fasilitas nagari Pariangan terus kita benahi dan tingkatkan.

Sementara itu, Ketua tim musrenbang Tanah Datar dr Ermon Ravlin menjelaskan nagari Pariangan sudah dikenal sampai manca negara, makanya Pariangan harus terus dibenahi di bidang infrasruktur.

Dalam pembangunan nagari Pariangan, ujar Ermon harus mengacu kepada RPJMD ( Rencana pembangunan jangka menengah daerah).Lantaran nagari Pariangan sudah menjadi milik dunia,maka pemerintah daerah dan pemerintah nagari Pariangan terus bersienergi mengembangkan  nagari Terindah Dunia Pariangan.

Aktivitas musrenbang nagari Pariangan berlangsung tertib dihadiri pimpinan OPD, Camat Pariangan, Forkopimca, tokoh masyarakat, lembaga unsur,wali nagari Simabur Zulbahri dan undangan. habede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here