Kembangkan Wisata Desa, Kemendes PDTT dan Kementerian Pariwisata Gandeng FPP UNP

176

JURNAL SUMBAR | Padang — Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (FPP UNP) makin dikenal dikalangan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertingal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Dalam hal pengembangan desa wisata, Kemendes PDTT menggandeng FPP UNP.

Bertempat di hotel Sultan Jakarta, Kamis (28/2/2019), Dekan FPP UNP, Ernawati melaporkan bahwa pihaknya telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kemendes PDTT dengan FPP UNP dan Kementerian Pariwisata.

“Alhamdulillah FPP UNP mendapat kepercayaan Kemendes PDTT dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam hal pengembangan desa wisata,” ujar Dekan FPP UNP, Ernawati via ponselnya dari Jakarta, Kamis (28/2).

Seperti diketahui, salah satu program yang terus digenjot pemerintah melalui Kemendes PDTT sekaligus Kementerian Pariwisata adalah soal desa wisata. Karena melalui Desa Wisata terbukti mampu menciptakan lompatan ekonomi sekaligus sosial bagi warga desa wisata sekaligus membuat pariwisata Indonesia semakin kuat di mata dunia.

Ernawati menjelaskan dari ribuan desa wisata yang kini berkembang,tahun 2018 lalu Kemendes PDTT telah memilih 10 Desa Wisata Terbaik nasional mewakili berbagai kategori. Sumbar dalam hal ini kategori perkembangan tercepat adalah Desa Sungai Nyalo Kecamatan Koto XI Tarusan, Pessel yang merupakan desa binaan UNP berhasil sebagai sepuluh desa jawara yang dianggap sukses mengembangkan potensinya dan kondang hingga ke manca negara.

Apa yang menyebab desa wisata desa Sungai Nyalo terpilih dikatakan Ernawaati, karena pesona desa ini berupa pantai, bukit dan serta bebatuan berbentuk pulau-pulau yang begitu indah, yang kondang dengan sebutan Kawasan Mandeh Painan.

“Tak hanya itu, Sungai Nyalo juga memiliki pantai Carocok yang airnya sangat bening, dengan sebuah pulau Cubadak nan asri di disana. Begitu indahnya alam desa ini sehingga disebut sebagai “Paradise of The South’. Meski di dalam negeri jarang terdengar tetapi jangan salah, Desa Sungai Nyalo banyak didatangi wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

“Nah melalui kerjasama Kemendes PDTT dan Kementerian Pariwisata RI, FPP UNP akan lebih dapat berbuat banyak memotivasi masyarakat lebih bergiat mengembangkan potensi wisata desa,” ujarnya. (Humas UNP/Agusmardi)