Tanah Datar akan Terapkan Sertifikasi Elektronik dan Sistim Tanda Tangan Digital

96

JURNAL SUMBAR  | Batusangkar – Pemanfaatan Sertifikasi Elektronik dan Tanda Tangan Digital disosialisasikan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), langsung diuraikan Kasi Pemenuhan Teknis Sitem SrE Balai Sertifikasi Elektronik BSSN, Eko Yon Handri.

Sosialisasi diuraikan Eko Yon Handri sekaligus dihadiri Bupati Irdinansyah Tarmizi, Sekda Drs. Hardiman, Asisten Sekretariat Daerah, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), jajaran ASN lingkungan Pemerintah Tanah Datar, instansi vertikal dan camat di gedung Indo Jolito, Batusangkar, Kamis(21/2) kemaren.

Dikatakannya, mengacu dengan perkembangan Iptek (Informasi Teknologi), maka sandi dan siber merupakan hal tidak terpisahkan satu dengan lain dalam memberikan jaminan keamanan informasi.

Terus hal Itu didukung Perpres Nomor 53 Tahun 2017 pasal 2 ayat 2 dan diubah dengan Pepres Nomor 133 Tahun 2017, menyebutkan BSSN punya tugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber.

Eko Yon Handri menjelaskan kalau kedepan akan menjadikan proses administrasi surat menyurat yang biasanya manual dan beralih sepenuhnya ke sistem elektronik. Keuntungan dapat ditarik,sebut Eko bisa menghemat kertas atau paperless karena semua persuratan diproses secara elektronik,mampu menghemat waktu karena proses disposisi dan tanda tangan surat dapat dilakukan dimana saja tanpa harus berada dikantor selama perangkat terhubung dengan jaringan internet dan aplikasi yang sudah terinstal.

Sedangkan sebelumnya, Bupati Irdinansyah mengapresiasi sekaligus memberikan penghargaan kepada BSSN  melakukan sosialisasi, karena sertifikasi elektronik memuat tanda tangan digital di dalam penggunaannya, belakangan ini menjadi populer namun disayangkan masih banyak orang atau instansi yang belum memahami fungsi dan keamanannya memasuki dunia maya.

Irdinansyah mengharapkan sosialisasi aplikasi sertifikat elektronik dan tanda tangan digital dapat dilaksanakan kepada perangkat pemeritah Tanah Datar dengan tujuan akan mengefesiensi waktu, biaya dan tenaga.

Sementara, Kepala dinas Komingo Tanah Datar Abrar mengenai kesiapan pemkab tentang
Sertifikasi Elektronik dan Tanda Tangan Digital mengatakan, daerah harus siap karena tuntutan undang-undang.

“Secara aplikasi kita dinas Kominfo sudah siapkan, apakah itu sipintar, ataupun aplikasi perkantoran dan sosialisasi ini bertujuan untuk kesiapan kita dalam menghadapi era teknologi,” katanya.

Dalam hal ini, ucap Abrar, kedepan kita akan tanda tangani kerja sama dengan BSSN, setelah selesai disetujui kita akan terapkan sistim tanda tangan secara digital. habede