Upacara Hari Jadi Sijunjung Ke-70 Berlangsung Lancar dan Sukses

217

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke-70 yang diadakan di Tugu monumen Hari Jadi Kabupaten Sijunjung, di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus, Minggu 17 Februari 2019 berjalan lancar.

Bertindak sebagai inspektur dan komandan upacara adalah Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan Kapt.Inf.Dwi Budiyanto, Danramil 08 Kumanis, perwira upacara Kapt.Inf.Ferizon, Pasi Pers Kodim 0310/SS.

Upacara yang khidmat ini juga dihadiri Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy, Ketua DPRD, Yusnidarti beserta Anggota, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, (Forkompinda), Ketua Pengadilan Negeri Muaro, Ketua Pengadilan Agama Sijunjung, Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung Zefnihan, AP. M. Si, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK serta Organisasi Wanita lainnya, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Veteran, Camat , Wali Nagari serta tokoh masyarakat.

Sebelum amanat inspektur upacara, Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Yusni Darti, SH. MM membacakan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Sijunjung, mulai dari berdiri sampai dengan saat ini.

Di depan peserta upacara yang terdiri dari pelajar, TNI, POLRI, dan Aparatur Sipil Negara (ASN), Bupati Yuswir Arifin sebagai inspektur upacara, menyampaikan, beberapa poin yang telah dilaksanakan, maupun yang akan dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat.

” Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Sijunjung kami menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang tulus kepada seluruh pejuang, pendiri dan para pelaku pembangunan di kabupaten ini. Ucapan terima kasih juga kepada masyarakat Kabupaten Sijunjung, baik dikampung maupun diperantauan atas partisipasi dan kontribusinya dalam membangun kabupaten yang kita cintai ini,”ucapnya.

“Selaku pimpinan daerah kami juga mengucapkan terima kasih kepada kita semua, atas terlaksananya berbagai agenda Pemerintah Daerah pada tahun 2018 yang lalu. Kami menyadari bahwa hasil pembangunan yang kita laksanakan belumlah mampu memuaskan semua pihak, karena kita belum mampu menjawab semua aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Mari kedepan kita berusaha untuk lebih baik lagi bagi daerah, agar tujuan kita menjadikan nagari madani yang maju, jaya, adil dan sejahtera dapat tercapai,”lanjutnya.

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2018 tentang APBD tahun 2019, Pemerintah Daerah bersama DPRD juga telah menyepakati berbagai program dan kegiatan pembangunan untuk tahun 2019. Penyebarannya relatif merata diseluruh nagari dan kecamatan, tentunya berdasarkan kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah.

“Sehubungan dengan itu, kami menghimbau kita semua untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam mensukseskan berbagai rencana pembangunan dimaksud,”ujar nya.

Setelah Upacara selesai, dilaksanakan acara penyerahan sarana kerja bagi Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), sarana kerja PPKBD – KIT Berasal dari dana Dak fisik Dinas Dalduk KB tahun 2018 ini sebanyak 145 paket untuk 8 kecamatan.

Diantaranya, Untuk Kecamatan Tanjung Gadang 20 paket, Sijunjung 28 paket, IV Nagari 10 paket, Koto VII 20 paket, Sumpur Kudus 20 paket, Lubuk Tarok 12 paket, Kamang Baru 30 paket dan Kecamatan Kupitan 5 paket.

Dikesempatan itu juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis bonus atlit yang berprestasi pada Porprov di Padang Pariaman bulan November 2018 yang lalu, diantaranya peraih medali perorangan, Emas Rp.20 jt, Perak Rp 8 jt dan Perunggu 5 jt. Sementara peraih medali beregu, Emas Rp. 10 jt, Perak 5 jt dan Perunggu Rp.3 jt.

Diwaktu yang sama, Bupati Yuswir Arifin juga memberangkatkan secara resmi pelajar pramuka dalam acara jejak 70 Km kwarcab Sijunjung, yang dimulai dari tugu hari jadi Nagari Tanjuang Bonai Aur Selatan sampai ke Muaro Sijunjung.

Sebelum rangkaian acara ditutup dengan makan bersama, Bupati dan Wakil Bupati, Ketua DPRD dan Unsur Forkopinda meninjau pelayanan KB masal yang dilaksanakan di Poskesri di sebelah Kantor Wali Nagari TBA Selatan. (andri)