Bupati Sijunjung Gelar Farmer Fielday Bersama Keltan Taruko di Nagari Tanjung

142

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung diwakili staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Masharyanto, SE hadiri acara Farmer Fielday atau hari temu lapangan petani yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Taruko di Jorong Taruko, Nagari Tanjuang, Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung,pada Kamis (14/3/ 2019).

Hadir pada acara tersebut Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Masharyanto, SE, Kepala Dinas Pertanian, Ir.Ronaldi, Dandim 0310/SS diwakili Koramil Koto VII, Kapt.Inf.Ilham, Wali Nagari, Kasi Penyiaran Dinas Kominfo, Djonedi de Yusa, Kasubag Peliputan dan Dokumentasi Setdakab, Sri Maryati dan undangan lainnya.

Kegiatan Farmer Fielday atau hari temu lapangan petani ini juga dilaksanakan Penyerahan Kunci Gudang dan Lantai Jemur yang diserahkan oleh Staf Ahli Masharyanto kepada ketua Kelompok Tani Taruko, Pendi.

Dalam sambutannya Ketua Kelompok Tani Taruko, Pendi tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian yang terus memperhatikan dan memberikan bantuan kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Sijunjung ini, salah satunya kepada Kelompok Tani Taruko.

“Kelompok Tani Taruko yang terletak di Jorong Taruko Nagari Tanjuang Kecamatan Koto VII ini berdiri sejak tahun 1994. Dan telah banyak merasakan bantuan yang diberikan, baik bantuan dari Pertanian Pusat, Provinsi maupun dari Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung,” ucapnya.

“Seperti pada saat ini, telah selesainya dibangun sebuah gedung untuk pertanian yang telah dibantu dengan dana APBN yang telah menghabiskan dana sekitar Rp127 juta, kami juga telah menerima bantuan dari Dinas Pertanian berupa Mesin Pompa seharga Rp98 juta dan bantuan irigasi sepanjang 200 meter,” ujarnya.

Dengan banyaknya bantuan tersebut, Kelompok Tani Taruko yang memiliki 23 hektar sawah ini memakai Padi Batang Piaman. “Alhamdulillah telah panen 7,8 ton/hektar. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan pemerintah daerah kepada kami,” tambah Pendi.

Kepala Dinas Pertanian Ronaldi pada kesempatan itu berharap kepada Kelompok Tani (Keltan) Taruko untuk terus bergerak. “Jaga semangat dan kekompakan kelompok, dan jangan sampai setelah menerima bantuan ini terjadi perpecahan, ” ucapnya.

“Setelah diserahkannya gudang ini, semoga bisa dipergunakan sebaik mungkin sebagaimana fungsinya, alat alat yang telah diberikan diharapkan dijaga dan dipelihara dengan baik, karena alat yang telah dihibahkan ini sudah menjadi tanggung jawab bagi petani,” jelasnya.

” Untuk memajukan pertanian khususnya di Kabupaten Sijunjung, pemerintah terus berupaya agar petani bisa dengan mudah bertani, yaitu dengan diadakan pelatihan, kapan perlu didatangkan dari pusat, bagi yang berkebun, dinas pertanian telah menyediakan bibit seperti jagung maupun manggis,” sebut Ronaldi.

Staf Ahli Bupati Masharyanto pada kesempatan itu juga berharap, dengan banyaknya bantuan yang diberikan pemerintah, diharapkan pertanian kita lebih meningkat lagi dari tahun ke tahun.

Usai Farmer Fielday (Hari Temu Lapangan Petani) ini dilaksanakan makan bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan panen bersama. andri