Dibuka Bupati Yuswir Arifin, 150 Guru PAUD di Sijunjung Ikuti Diklat Sagu Sabu

92

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 150 orang Guru PAUD se Kabupaten Sijunjung ikuti Diklat Satu Guru Satu Buku (SaguSabu) yang dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar ( SKB) Muaro Sijunjung dari Senin hingga Rabu, 4 sampai dengan 6 Maret 2019.

Acara yang digelar Ikatan Guru Taman Kanak Kanak – Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTK – PGRI) Kabupaten Sijunjung bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini dibuka Bupati H. Yuswir Arifin ditandai dengan pengalungan tanda peserta kepada 2 orang perwakilan.

“Tentunya semua kita telah memahami bahwa pendidikan itu bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulia, sehat, berilmu dan menjadi warga negara demokratis serta bertanggung jawab,” ucap Bupati Yuswir Arifin dalam sambutannya.

Untuk mencapai tujuan tersebut disekolah, diperlukan iklim pendidikan kondusif yaitu dengan menciptakan kenyamanan peserta didik dengan memberikan kontribusi yang positif, salah satunya dengan memberikan suasana atau budaya gemar membaca di sekolah.

“Sebab membaca akan memberikan banyak manfaat bagi peserta didik, diantaranya adalah dapat meningkatkan hubungan sosial, meningkatkan empati seseorang dan membantu hubungan dengan dunia luar,” ujarnya.

” Untuk itu melalui Implementasi diklat literati SaguSabu ini diharapkan para pendidik dapat membuat karya karya tulisan yang dapat menjadi penunjang tugas dan fungsinya sebagai seorang pendidik, serta dengan kebiasaan literasi guru, dapat ditularkan kepada peserta didik disekolah sehingga akan membentuk budaya literasi anak yang pada akhirnya akan membentuk budaya literasi sekolah,” harap Bupati Yuswir Arifin.

Ketua IGKTI -PGRI Kabupaten Sijunjung, Verawati, S.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya diklat SaguSabu ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik dan profesional sebagai upaya dalam membantu guru melaksanakan pengembangan diri yang termasuk kedalam pengembangan keprofesian berkelanjutan.

” Diklat ini juga dapat membantu guru dalam memenuhi angka kredit bagi guru PNS untuk bahan kenaikan pangkat serta dapat mempererat silaturahmi sesama pendidik dan tenaga kependidikan pada jenjang PAUD di Kabupaten Sijunjung, ” tambah Verawati.

Peserta diklat ini berjumlah 150 orang yang berasal dari 8 Kecamatan diantaranya, Kecamatan Sijunjung 35 orang, Kecamatan Koto VII 26 orang, Kecamatan Kamang Baru 25 orang, Sumpur Kudus 21 orang, Tanjung Gadang 15 orang, IV Nagari 12 orang, Lubuk Tarok 8 orang dan Kecamatan Kupitan 8 orang.

Ditambahkan Verawati, Narasumber pada diklat SaguSabu ini adalah Instruktur Nasional Bidang TIK dan Pengembangan Literasi dari Pustekkom Kemendikbud RI Jakarta, Adhan Chaniago.

Diakhir acara juga dilaksanakan penyerahan buku karya tulis dari guru guru PAUD di Kabupaten Sijunjung yang diserahkan kepada Bupati Yuswir Arifin didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Ramler, SH.MM, Kabid Paudni dan Kasi Paud, Syamsul Bahri dan Delvianti Basri. (andri).