Diduga Akibat Arus Pendek, Mushalla Nurul Hidayah Parak Gadang Ludes Terbakar

378

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Satu unit Mushalla Nurul Hidayah (Surau Lamo) berukuran 8×12 meterpersegi yang terletak di Jorong Parak Gadang, Nagari Pematangpanjang, Kecamatan Sijunjung, Sumatera Barat, Kamis (7/3/2019) siang ludes terbakar.

Mushalla Nurul Hidayah (Surau Lamo) itu terbakar diduga akibat arus pendek. Peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 13.50 WIB. Meski berbagai upaya dilakukan masyarakat untuk memadamkan api, namun sijago merah telah membumi hanguskan surau yang berdinding kayu itu.

Selain menghaguskan Mushalla Nurul Hidayah (Surau Lamo), sijago merah juga menjilat surau permanen yang persis berdampingan dengan Mushola Nurul Hidayah (Surau Lamo). “Untungnya surau baru yang permanen dapat di selamatkan hanya terbakar sedikit bagian atap,” kata Kabid Damkar, Sidiyanto, menjawab awak media Kamis (7/3/2019) dalam laporannya dilokasi kejadian.

Akibat kebakaran tersebut, diperkirakan kerugian bangunan surau lama dan lemari meja dan alat sembahyang yang terbakar kisaran Rp30 juta. Diharapkan agar ada donatur maupun hamba Alloh untuk bisa membantu agar Mushalla Nurul Hidayah (Surau Lamo) itu bisa dibangun lagi.

Dalam peristiwa tersebut, menurut Sidiyanto yang juga mantan Sekcam Lubuktarok itu, Kepala Jorong Parak Kadang Akbar anggota polsek dan babinsa dan tokoh masyarakat juga ikut serta memadamkan api bersama masyarakat lainnya dan melibatkan tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Muaro dan Tanjung Gadang. saptarius