Dukung Banyak Acara Rang Awak, Keberadaan Minang Diaspora Semakin Dirasakan

231

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Kiprah Minang Diaspora Network Global (MDN-G) semakin dirasakan oleh masyarakat Minang khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Sebagai bentuk dukungan MDN terhadap seni budaya dan kuliner Minang, di setiap acara festival budaya dan kuliner Minang yang diadakan oleh komunitas muda mudi Minang, yayasan pencinta seni dan budaya Minang maupun ormas Minang lainnya, MDN selalu menjadi salah satu sponsor dan aktif dalam menyukseskan acara tersebut.

Salah satu contoh acara yang disponsori oleh MDN adalah acara Urang Minang Baralek Gadang yang diadakan oleh Komunitas Muda Mudi Minang (3M) pimpinan Bobie Arianto pada tanggal 5 sampai 7 Maret di City Plaza Jatinegara Jakarta. Acara Urang Minang Baralek Gadang diisi dengan bazar-bazar yang menyajikan usaha UMKM masyarakat Minang di bidang kuliner, kerajinan maupun usaha lainnya. Acara bazar diselingi dengan pertunjukan seni budaya Minang dengan menampilkan artis-artis Minang ibu kota seperti Ratu Sikumbang, Al-Kawi, Nova Yuliana, Alfina Baner, Amriz Arifin dan tari-tarian Minang serta permainan KIM dengan hadiah menarik yang dibawakan oleh Ayu Blank.

 

Selain bazar, pertujukan seni budaya Minang acara juga diisi dengan talkshow menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif Minang seperti Uda Buyung Raizal Rais dan Uni Ida Leman yang berdiskusi tentang baju dan suntiang Minang, penulis buku Ahmad Fuadi, dan talkshow UMKM yang diisi oleh tokoh UMKM Minang senior Herman Malano selaku Ketua Bidang UMKM DPP Gebu Minang dan Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Lampung, Iqbal Farabi (Pengusaha IT dan juga pengurus KADIN Pusat bidang UMKM). Acara dipandu oleh Burmalis Ilyas yang juga pengurus KADIN Pusat UMKM Bidang Kebijakan Publik dan pemerintahan.

Dukungan lain MDN dalam acara tersebut adalah memberikan hadiah Minangkabau Card bagi pemenang KIM. Dalam acara tersebut MDN juga ikut mempromosikan kartu Minangkabau Card dengan ikut menjadi salah satu peserta bazar.

Di bulan yang sama pada tanggal 22 sampai 24 Maret, MDN juga menjadi sponsor acara Mega Pesona Budaya Nusantara yang diadakan oleh Yayasan Komunitas Pencinta Seni dan Budaya Minang (KPSBM) pimpinan Operuldi Ekaputra bertempat di Arcici Sport Center Cempaka Putih Jakarta Pusat.  Acara ini juga disuport langsung oleh Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi yang juga Ketua DPW IKM (Ikatan Keluarga Minang) DKI Jakarta dan Mulyanis Putra selaku Direktur Keuangan JAKTOUR  (BUMD Pemprov DKI) sekaligus Ketua DPD IKM Jakarta Timur.

 

Acara diisi dengan bazar kuliner dan penampilan seni budaya minang menampilkan artis top minang seperti Mak Pono dan Piak Unyuik, Rani Sagita, Anto Barau, Thalia Cotto, Mayang Utari, KIM Merry, KIM Ayu Blank, Adam Heboh, MC Kondang Aditya Maulana dan pertunjukan Tabuik Pariaman.

Acara diselenggarakan oleh Yayasan Komunitas Pencinta Seni Budaya Minang (KPSBM) disuport oleh DPP IKM, DPW IKM DKI, DPD IKM Jakarta Pusat & Timur dan Minang Diaspora Network Global.

Burmalis Ilyas selain sebagai Direktur Eksekutif MDN, Bendahara Umum DPP IKM dan juga pengurus KADIN Pusat Bidang UMKM sangat concern dalam membina UMKM Minang dan UMKM lainnya di Jabodetabek, agar bisa go internasional melalui bazar kuliner yang disertai dengan pertunjukan seni budaya guna mengundang daya tarik penggunjung untuk membeli produk-produk UMKM. Menurutnya,  bazar-bazar ini sangat menolong omzet pedagang UMKM di banding omzet harian mereka dan tentu juga menambah jam terbang artis muda Minang yang baru tampil.

 

Direncanakan, Minang Diaspora juga akan mendukung kegiatan Kampoeng Minang Goes to Malaysia yang diorganisir oleh Komunitas Kampoeng Minang bekerjasama dengan JM3 (Jaringan Masyarakat Minangkabau Malaysia) pada tanggal 27 dan 28 April di Kuala Lumpur Malaysia dengan konsep acara yang sama.

Burmalis Ilyas berharap agar acara ini bisa diadakan setiap bulan oleh ormas Minang manapun karena ada business cycle dan mendorong pertumbuhan ekonomi sambil melestarikan adat dan budaya Minang. “Pengunjung bisa menikmati lezatnya kuliner Minang dan dihibur dengan seni musik dan budaya Minang,” ungkapnya. Rilis