Dukung Pembangunan PLTMH Pelangai Gadang, PT Dempo Bangun Dua Camp Karyawan

486

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Proyek pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hydro (PLTMH) oleh PT. DEMPO Sumber Energi di Kenagarian Pelanggai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan terus berlanjut. Untuk mendukung aktifitas kegiatan, telah dibangun camp-camp bagi karyawannya. Direncanakan camp dibangun di dua titik di nagari tersebut.

Untuk membangun PLTMH tersebut, pihak PT. DEMPO Sumber Energi menggelontorkan biaya sebanyak Rp270 miliar.

Berdasarkan informasi dikumpulkan, pembangunan camp-camp karyawan PT. DEMPO itu akan dilaksanakan di dua lokasi, di Nagari Pelanggai Gadang. Dan, untuk lokasi pertama, pembangunan sedang berjalan dan sebagian petak camp sudah berdiri.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Fery Herlambang, SIK, MM ketika dikonfirmasi melalui Whatshap-nya mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan dari pihak perusahaan, terkait pembuatan camp. Tetapi, kalau untuk proyek pembangunan PLTM dan sekaligus peletakan batu pertama sudah ada koordinasi.

Sementara itu Camat Ranah Pesisir Zul Arzil ketika di konfirmasi membenarkan tentang adanya camp karyawan yang dibangun oleh pihak PT. DEMPO di Nagari Pelanggai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan.

Menurut Zul, camp-camp tersebut sesuai informasi dari pihak perusahaan akan digunakan tempat tinggal karyawan dan satpam yang bekerja di PT. DEMPO. Karena, saat ini masih mengontrak di beberapa rumah warga di Kecamatan Ranah Pesisir.

“Jika, secara aturan izin-izin telah lengkap, baik pembangunan camp-camp ini, dan tidak ada masalah,” sebut Camat (26/03/2019).

Zul menegaskan  bahwa camp tersebut nantinya dibangun dua lokasi, lokasi pertama di atas dan lokasi kedua di bawah, namun masih di dalam satu Nagari. “Kalau ditanya berapa banyak unit petak camp dibangun secara pasti, ya kurang lebih ada 60 orang karyawan,” ujarnya.

Untuk tahap pertama, camp di lokasi pertama sudah dibangun beberapa petak, dan kemungkinan akan dilanjutkan di lokasi kedua, tutur Camat Ranah Pesisir. (Rega Desfinal)