Geger, Harimau Sumatera Mangsa 5 Ekor Kambing Warga di Unggan Sijunjung

1150

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Warga Nagari Unggan, Kecamatan Sumpurkudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat digegerkan atas munculnya “Inyiak Balang” memangsa hewan ternak kambing warga. Tak ayal, kemunculan Harimau Sumatera itu sempat menggegerkan warga.

“Dari laporan warga di Unggan sudah ada lima ekor kambing warga dimangsa Harimau Sumatera. Contohnya saja pada kejadian Minggu (17/3/2019) kemarin,”ucap Kapolsek Sumpurkudus Iptu Mulyadi,SH kepada awak media, Rabu (20/3/2019) via WhatsAppnya.

Menurut Kapolsek Sumpurkudus Iptu Mulyadi, SH, ia sendiri mendapat informasi melalui media sosial (Medsos). “Seketika kami cek kelapangan pada Minggu (17/3/2019) di Jorong Unggan Bukik, Nagari Unggan, ternyata kambing milik Warju Malis memang kambing nya telah di mangsa harimau dua hari yang lalu, sesuai pengakuannya,”jelas mantan Satreskrim Polres Sijunjung yang sukses membangun Mapolsek Sumpurkudus itu.

Namun kata pemilik ternak itu kepada kapolsek ketika itu, harimau tersebut sudah lari lagi masuk hutan. Bahkan menurut keterangan Walinagari Unggan dan masyarakat lain nya pada kapolsek, bahwa dalam minggu ini saja sudah lima ekor kambing warga di makan haraimau.

“Sesudah memangsa kambing warga, Inyiak Balang itu masuk hutan lagi,”terang warga seperti diceritakan kapolsek.

Untuk diketahui, bahwa perkampungan warga Unggan memang berada di pinggir hutan yang berbatas langsung dengan Propinsi Riau. Diduga hutan tempat habitat harimau di Riau itu sudah gundul di babat oleh manusia, sehingga si “Inyiak Hitam” itu pergi.

Bahkan kata kapolsek, selain personil Polsek Sumpurkudus, Tim dari BKSDA propinsi juga sudah ke lokasi untuk memasang perangkap. “Jadi, apa yang digembar gemborkan di Medsos itu tidaklah benar, tak ada masyarakat ketakutan kok, mereka kerja seperti biasa saja,” jelas Mulyadi.

“Jorong Ungan Bukik itu memang di pingir hutan belantara, wajar saja binatang buas muncul di sana,” tambah warga lainnya. saptarius