Gelar Forum Perangkat Daerah, Bapppeda Sijunjung Sempurnakan RKPD 2020

58

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Badan Perencanaan, Penelitian & Pengembangan Daerah (Bapppeda) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, gelar Forum Perangkat Daerah yang dilaksanakan di Aula Dinas PUPR Muaro Sijunjung, pada Jum’at (15/3/2019).

Acara yang digelar dalam rangka penyusunan rancangan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2020 ini dibuka secara resmi Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan dihadiri 60 orang peserta terdiri dari Wakil Bupati Arrival Boy, Sekdakab, Zefnihan, AP.M.Si, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kabag dilingkup Sekretariat Daerah, camat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Yuswir Arifin menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat strategies dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Sijunjung tahun 2020. “Maka pada kesempatan ini kami minta kepada para perangkat daerah agar memperhatikan hal hal sebagai berikut;

1. Menelaah kembali program dan kegiatan yang terdapat dalam rancangan awal rencana kerja perangkat daerah tahun 2020, apakah telah sesuai dengan capaian kinerja pembangunan perangkat daerah dan sasaran misi pembangunan yang terdapat dalam RPJMD Kabupaten Sijunjung tahun 2016 – 2021

2. Menyelaraskan program dan kegiatan seauai dengan prioritas pembangunan Kabupaten Sijunjung tahun 2020.

3. Melakukan sinkronisasi dan penyelarasan program dan kegiatan strategis Nasional dan Provinsi sesuai dengan kebutuhan daerah.

4. Mengakomodir hasil musrembang Kecamatan dan pokok pokok pikiran DPRD berdasarkan hasil kegiatan survei program dari BAPPPEDA yang sudah tertuang dalam E-PLANNING.

5. Mengupayakan agar dalam menyusun program dan kegiatan mengedepankan asas manfaat dan kepatutan dalam kesempatan ini juga,”kata bupati.

“Kami minta kepada tim teknis Forum Perangkat Daerah yang dikoordinir oleh BAPPPEDA dalam melakukan penajaman program dan kegiatan perangkat daerah agar memperhatikan hal hal tersebut sehingga terciptanya program dan kegiatan pembangunan sesuai dengan kebutuhan daerah sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan daerah Nomor 1 tahun 2018,” ucap Bupati Yuswir Arifin.

Sekretaris Bapppeda, Dra, Yuni Elviza, MT dalam laporannya menyampaikan bahwa “melalui Forum ini diharapkan akan memperoleh rumusan program prioritas daerah, penajaman target sasaran, lokasi dan dasaran penerima manfaat sebagaimana yang telah dirumuskan dalam rencana awal RKPD tahun 2020,”ujarnya

Peserta dari Forum OPD ini lanjut Yuni adalah, 60 Orang terdiri dari Kepala OPD, camat se Kabupaten Sijunjung dan Tim Teknis Forum OPD.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai tanggal 15 Maret 2019 yang diisi dengan kegiatan pemaparan dari Kepala Bapppeda, Beny Dwifa Yuswir, SSTP.MSI yang menyampaikan tentang pencapaian target kinerja sasaran RPJMD 2016-2021 dan pemaparan Camat tentang hasil Musrembang RKPD di Kecamatan.

“Pada tanggal 18 dan 19 Maret 2019 diisi dengan kegiatan pembahasan renja OPD untuk penyelarasan dengan pencapaian sasaran misi RPJMD 2016 – 2021,” sambung Yuni. (andri)