Grand Final 30 Maret, 15 Pasangan Calon Uda – Uni Pessel akan Beradu Hebat

112

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Audisi Uda Uni Pesisir Selatan 2019 menyisihkan sebanyak 15 pasangan, dimana telah terpilih dan akan mengikuti malam Grand Final, Sabtu (30/3/2019) mendatang di Gedung Painan Convention Center (PCC).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pessel, Hadi Susilo, Minggu (24/3/19) menyampaikan, pendaftaran telah dimulai dari tanggal 4 Februari  hingga 14 Maret 2019 di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Dan akan ada Hadiah Rp 30 juta untuk pemenangnya.

Di awal diikuti sebanyak 190 peserta yang ikut berpartisipasi. Setelah dilakukan seleksi terpilihlah 15 pasangan yang nantinya akan ikut berlomba pada malam Grand Final, dengan beberapa kategori yang nantinya akan diperlombakan.

“Kegiatan ini positif bagi para peserta untuk menambah wawasan, pengetahuan serta pengalaman. Karena, nantinya para pemenang Uda – Uni Pessel tahun 2019 akan mewakili Kabupaten Pessel ketingkat Provinsi,” tegasnya.

Ditambahkannya Hadi Susilo peran Uda – Uni sangat besar bukan hanya sebagai Duta Wisata dan mengenalkan beragam objek wisata saja, namun juga kreatif dan inovatif dalam menciptakan pemikiran tentang wisata dan budaya. Termasuk memberikan rekomendasi dan mendukung terkait program wisata yang dilaksanakan pemerintah.

“Tidak hanya mempromosikan, namun juga bisa menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengembangan wisata,” ucap hadi.

Contohnya dalam menggerakkan warga untuk tidak merusak fasilitas wisata di pantai atau ikut membersihkan lokasi wisata dan menjadi Duta Wisata juga terus membantu pengembangan informasi terkait wisata.

Kedepannya seorang Duta Wisata juga harus menguasai budaya daerahnya, termasuk mempromosikannya. Artinya melalui prinsip tersebut seorang Duta Wisata dapat mengidentifikasi kemudian mengenalkan kebudayaan.(Rega Desfinal)