Helvy Rahmi Harun Dilantik Jadi Pj Sekda Tanah Datar, Definitif Dilelang

228

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Akhirnya Asisten III, Helvy Rahmi Harun dilantik  sebagai Penjabat (Pj) Sekda (Sekretaris Daerah) Tanah Datar oleh Bupati Irdinansyah Tarmizi menggantikan Sekda lama Drs. Hardiman di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Jumat (1/3).

Dilantiknya Helvy, jelas Bupati Irdinansyah sesuai mekanisme dan Undang-undang ASN No 5 tahun 2014, jabatan tinggi pratama hanya diduduki paling lama lima tahun. Hardiman dilantik 21 Febuari 2014, berakhir  21 Febuari 2019.

Pelantikan Pj dilaksanakan lantaran jabatan Sekda kosong dan merupakan tuntutan organisasi lingkungan Pemda Tanah Datar.vPengangkatan Penjabat Sekda hanya diusulkan satu nama calon tertulis kepada Gubernur Sumatera Barat untuk masa tugas tiga bulan ke depan kemudian bisa  diperpanjang kembali, ujar Irdinansyah seraya meminta Elvy dapat menjalankan amanah sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

Seterus Irdinansyah meminta seluruh pimpinan OPD dan instansi vertikal melayani masyarakat dengan sebaik dan bekerja sesuai aturan berlaku dan optimalkan kinerja begitu juga PNS maupun tenaga harian. Bupati juga meminta aparatur tidak mengeluh melaksanakan tugas walaupun dalam keterbatasan anggaran, personil maupun fasilitas yang ada.

Khusus pengisian jabatan sekda defenitif, menurut Irdinansyah bakal dilaksanakan lelang terbuka. Siapapun yang memenuhi syarat bisa ikut serta dalam pengisian jabatan setrategis ini.

Disebutkannya, dalam hal ini, bupati akan membentuk Pansel (Panitia Seleksi) sekaligus diajukan secara berjenjang dari provinsi sampai pusat, sesudah disetujui kita lakukan lelang terbuka dan ASN memenuhi syarat dapat mengikuti lelang ini.

Aktivitas pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan diikuti Wakil Bupati Zuldafri Darma, penjabat Setda Tanah Datar, Forkopimda, Kepala OPD, para Kabag, Kabid dan Camat se kabupaten Tanah Datar serta undangan lain. habede