Kabar Terbaru, Mutasi Jilid II Kabinet Bupati Yuswir Hari Ini Hanya Menerpa Pejabat Eselon II

433

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ternyata mutasi Jilid II di “kabinet” Bupati-Wabup Sijunjung, Yuswir Arifin-Arrival Boy, yang akan digulir pada Jumat (8/3/2019) hari ini, kabar terbarunya dimungkinkan hanya menerpa pejabat eselon II.

“Ya, bisa jadi mutasi besok (Hari ini-red) hanya untuk pejabat eselon II. Kalau untuk pejabat eselon III dan IV mungkin mutasi berikutnya,” ujar sumber penting yang layak dipercaya pada awak media, Kamis (7/3/2019) malam.

Terkait soal mutasi tersebut, Bupati Yuswir Arifin pun tak menapiknya. “Ya, mutasi dilaksanakan besok (hari ini-red). Lengkapnya tanya saja langsung ke Sekda,”ucap Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, via telepon selularnya yang ketika itu baru tiba dari Jakarta. “Maaf, saya baru nyampai pula,” ucapnya pada awak Kamis (7/3/2019) malam.

Sayangnya, Sekdakab Zefnihan yang berulangkali dihubungi lewat telepon selularnya tak berhasil tersambung. Bahkan ia tak mengangkat teleponnya disaat awak media berupaya untuk minta kejelasan soal mutasi tersebut.

Meski begitu, sejumlah nama yang akan menduduki posisi strategis pun sudah mulai mengapung. Seperti halnya, jabatan Asisten 1 yang sebelumnya dijabat Irwandi akan diduduki Yenuarita dan Irwandi sendiri akan menjabat sebagai Sekretaris DPRD Sijunjung menggantikan Jon Kanedi.

Nah, lalu jabatan Yenuarita yang sebelumnya Kepala Dukcapil akan digantikan Febrizal Ansori yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bapppeda. Sedangkan Jon Kanedi dimungkinkan akan menjabat sebagai Asisten II menggantikan Edwin Suprayogi yang akan menduduki posisi sebagai staf ahli menggantikan Hasmizon. Sementara Hasmizon dipercayakan menjabat sebagai Asisten III menggantikan Adlis.

Lalu kemana Adlis? Dikabarkan Adlis akan menduduki posisi Kadis Nakertrans menggantikan Riky Mainaldi Neri. Sedangkan Riky dikabarkan akan menduduki jabatan baru sebaga Kadis Perkim LH.

Terkait jabatan Kadis PM PTSP yang selama ini diemban Benny Dwifa Yuswir dimungkinkan akan dijabat Jaheri yang saat ini menjabat Kepala BKAD. Sedangkan jabatan Jaheri akan dialihkan pada Endi Nazir yang saat ini menjabat Kepala Inspektorat Daerah. Nah, jabatan Kepala Inspektorat Daerah ini dikabarkan bakal dilelang dan sebelum itu akan ditunjuk pelaksana tugas (Plt) yang kemungkinan dipercayakan pada sekretarisnya, Sarwo Edi.

Lantas kemana Benny? Menurut informasi layak dipercaya, Benny Dwifa Yuswir dimungkinkan akan memangku jabatan sebagai Kepala BAPPPEDA.

Selain itu, jabatan Kadis PMN yang ditinggalkan Syukri—yang sudah alih tugas sebagai Kepala BKSDM akan dilelang. Sebelum dilelang akan ditunjuk Plt. Kabarnya sekretarisnya (Khamsyardi) akan menjabat sebagai Plt DPMN. Begitu juga jabatan Kadis Parpora yang ditinggal Yofritas yang saat ini sudah menjabat Kadis Sosial dan PPA juga bakal dilelang. Sebelum ada Kadis Parpora defenitif akan ditunjuk Plt dan dimungkinkan akan dijabat Ebyuleris.

Sementara jabatan yang bakal tak berobah menurut informasi yang berhasil dihimpun awak media jabatan yang dipegang Kepala Dinas Pertanian, Ronaldi, Kepala Dinas PPKB Rina Defita Eka Putri, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearaipan, Darlias, Kadis Kominfo Rizal Efendi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ramler, jabatan Kadis PUPR masih tetap dipegang Budi Syafarman dan mereka ini masih diberi amanah untuk meneruskan program visi dan misi Bupati Yuswir Arifin-Wabup Arrival Boy. Benarkah?

Setidaknya ada tiga jabatan kepala OPD yang akan dilelang diantaranya jabatan kepala Inspektorat Daerah, Kadis Parpora dan Dinas PMN, Tapi, sebelum dilelang akan ditunjuk Plt nya di OPD tersebut.

Nah, anda penasaran? Yang jelas itu hanya predeksi.

“Kita lihat saja itu nanti, yang jelas predeksinya sudah bisa dikatakan 90 persen kebenarannya. Apa benar atau tidaknya, tunggu saja nanti,”ujar sebuah sumber yang layak dipercaya pada awak media, Kamis (7/3/2019) malam.

Untuk diketahui, mutasi jilid I dalam “kabinet” Bupati Yuswir Arifin-Wabup Arrival Boy, tersebut sebelumnya menerpa 7 orang pejabat eselon II.

Ketujuh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya itu terdiri dari; Ir Nizam Ul Muluk yang sebelumnya staf ahli kini menduduki jabatan Kadis Pangan Perikanan (Parpari), Drs Efigon sebelumnya menjabat sebagai Kadishub kini dipercaya sebagai Kadis Satpol PP & Damkar, Em Yasri,SE sebelumnya Kadis Koperindag UKM kini dipercaya menjabat sebagai Kadishub.

Drs H Syukri dipercaya menjabat sebagai kepala BKPSDM dan jabatan yang ditinggal Syukri yakni DPMN bakal dilelang dan dimungkinkan pelaksana tugas akan ditunjuk Khamsiardy. Selain itu Ir Yulizar yang sebelum dipercaya menjadi Kadis Parpari kini dipercaya menjadi Kadis Perindag UKM, sedang Yofritas yang sebelumnya menjabat Kadis Parpora kini menjabat sebagai Kadis Sosial dan Perlindungan anak dan Masharyanto yang sebelumnya menjabat Kadis Satpol PP & Damkar kini dipercaya sebagai staf ahli. saptarius