Musrenbang Nagari Limakaum, Wabup Zuldafri: Harus Sesuai RPJMD Tanah Datar

78

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Lantaran keterbatasan dana pokir (pokok pikiran) anggota DPRD, maka tidak semua nagari kebagian dana pokir  tahun 2019, namun tahun 2020 bagi nagari yang belum memperoleh tentu akan dicadangkan untuk itu.

Aggota DPRD Tanah Datar Hafitrizal mengemukakan hal itu pada Musrenbang Kecamatan Limakaum di gedung pertemuan Dt Parpatiah Nan Sabatang, Limokaum, Senin (4/3).

Dikatakannya, dana pokir bertujuan membantu pemda Tanah Datar ketika daerah tersebut tidak tersentuh pembangunan. “Dana porkir itu dimanfaatkan untuk berbagai pembangunan di nagari,” ucap Hafitrizal seraya menyebutkan PAD Tanah Datar tercatat Rp 146 milyar dengan APBD Rp 1,3 trilyun.

Mengingat  pemilu pilres dan pileg serentak semakin dekat, Hafitrizal meminta pemilih harus cerdas bersikap dan tidak golput karena satu suara sangat beguna untuk pembangunan bangsa. Dan kalau ada beda pilihan jangan lah dipermasalahkan betul walaupun dalam keluarga kita sendiri, tekan Hafitrizal.

Seterusnya Wabup Zuldafri Darma menilai komunikasi dan kordinasi camat dengan wali nagari selama ini cukup bagus dengan dilaksanakannya musrenbang kecamatan perdana  mendahului kecamatan lain.

Dikatakan Wabup, usai musrenbang kecamatan akan dilanjutkan ke musrenbang kabupaten Tanah Datar. Untuk itu agenda-agenda  yang telah dirancang dengan baik di tingkat musrenbang kecamatan tentu dibahas lagi di tingkat kabupaten.

Dalam membahas musrenbang,tentu kita telah membuat perencanaan matang,karena perencanaan bagus merupakan separoh keberhasilan, kalau perencanaan sesat maka gagal lah realisasi pembangunan, tukas Wabup Zuldafri sembari menyebutkan musrenbang haruslah berpedoman kepada RPJMD (Rencana pembangunan jangka menengah daerah) Tanah Datar.

Sementara, Camat Limakaum Afrizal Ayah menjelaskan, karena masih banyaknya Silpa nagari, maka Afrizal meminta para wali nagari agar bisa menyikapi penggunaan dana,sehingga dana nagari bisa digunakan untuk kepetingan pembangunan nagari.

Musrenbang dihadiri ketua tim musrenbang kabupaten Zulkifli, anggota DPRD Dra Donna, Dinas kesehatan, Kadisdik Riswandi, Kadinas Dukcapil, Kadinas PUPR, Forkopimca Limo Kaum, walinagari, Sekretaris pertanian Tanah Datar dan undangan lain. habede.