Mutasi Jilid II, Bupati Sijunjung Lantik Pejabat Eselon II, III dan IV Secara Glodo

583

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Akhirnya ratusan pejabat eselon II, III dan IV, akhirnya Jumat (8/3/2019) dilantik Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin secara glodo. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan mutasi Jilid II tersebut bersamaan dengan Launcing SAKIP 2019.

Mutasi Jilid II itu menerpa 10 pejabat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) dan juga menerpa 37 pejabat eselon III dan juga melanda 162 pejabat eselon IV. Tak hanya itu, dalam mutasi tersebut juga melindas sebanyak 6 kepala puskesmas dan 15 orang KTU UPTD Puskesmas.

Dihadiri Ketua DPRD Sijunjung, Yusnidarti, unsur Forkopimda dan Sekdakab Sijunjung, secara resmi Bupati Yuswir Arifin pun melantik ratusan pejabat eselon II, III dan IV itu di Gedung Pancasila Muaro, Jumat (8/3/2019).

Sumpah jabatan tersebut diawali dengan laporan Kepala BKSDM Sijunjung, Drs Syukri. Berikut nama 10 pejabat eselon II yang dilantik tersebut.

Mereka adalah, Yenuarita menjabat sebagai Asisten 1 yang sebelumnya dijabat Irwandi. Sedangkan jabatan Yenuarita sebagai Kepala Dukcapil digantikan Febrizal Ansori. Lalu Irwandi sendiri diangkat sebagai Sekretaris DPRD menggantikan Jon Kanedi. Sedangkan Jon Kanedi diangkat sebagai Asisten II menggantikan Edwin yang alih tugas sebagai Asisten III dan Asisten III sebelumnya diemban Adlis dan Adlis sendiri dipercaya sebagai Kadis Nakertrans menggantikan Riky Mainaldi Neri yang alih tugas sebagai Kadis Perkim LH.

Sementara jabatan Kepala BAPPPEDA diemban Benny Yuswir Dwifa, sedangkan jabatan yang ditinggal Benny diemban Jaheri yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BKAD. Sementara jabatan BKAD dipercayakan pada Endi Nazir dan jabatan yang tinggalkan Endi Nazir yakni Kepala Inspektorat Daerah bakal dilelang.

Nah, jabatan Kepala Inspektorat Daerah ini dikabarkan bakal dilelang dan sebelum itu akan ditunjuk pelaksana tugas (Plt) yang kemungkinan dipercayakan pada sekretarisnya, Sarwo Edi.

Selain itu, jabatan Kadis PMN yang ditinggalkan Syukri—yang sudah alih tugas sebagai Kepala BKSDM akan dilelang. Sebelum dilelang akan ditunjuk Plt. Kabarnya sekretarisnya (Khamsyardi) akan menjabat sebagai Plt DPMN. Begitu juga jabatan Kadis Parpora yang ditinggal Yofritas yang saat ini sudah menjabat Kadis Sosial dan PPA juga bakal dilelang. Sebelum ada Kadis Parpora defenitif akan ditunjuk Plt dan dimungkinkan akan dijabat Ebyuleris.

Sementara jabatan yang tak berobah, yakni Kepala Dinas Pertanian, Ronaldi, Kepala Dinas PPKB Rina Defita Eka Putri, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearaipan, Darlias, Kadis Kominfo Rizal Efendi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ramler, jabatan Kadis PUPR masih tetap dipegang Budi Syafarman dan mereka ini masih diberi amanah untuk meneruskan program visi dan misi Bupati Yuswir Arifin-Wabup Arrival Boy. Benarkah?

Mutasi tersebut kelanjutan dari mutasi Jilid I. Pada mutasi Jilid I yang telah dilantik adalah; Ir Nizam Ul Muluk yang sebelumnya staf ahli kini menduduki jabatan Kadis Pangan Perikanan (Parpari), Drs Efigon sebelumnya menjabat sebagai Kadishub kini dipercaya sebagai Kadis Satpol PP & Damkar, Em Yasri,SE sebelumnya Kadis Koperindag UKM kini dipercaya menjabat sebagai Kadishub.

Drs H Syukri dipercaya menjabat sebagai kepala BKPSDM dan jabatan yang ditinggal Syukri yakni DPMN bakal dilelang dan dimungkinkan pelaksana tugas akan ditunjuk Khamsiardy. Selain itu Ir Yulizar yang sebelum dipercaya menjadi Kadis Parpari kini dipercaya menjadi Kadis Perindag UKM, sedang Yofritas yang sebelumnya menjabat Kadis Parpora kini menjabat sebagai Kadis Sosial dan Perlindungan anak dan Masharyanto yang sebelumnya menjabat Kadis Satpol PP & Damkar kini dipercaya sebagai staf ahli.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengucapkan selamat pada 231 pejabat eselon II, III dan IV yang dilantik tersebut. Bupati berharap pejabat yang dilantik dapat menjalankan tugas sebaik mungkin.

Lalu kapan jabatan DPMN, Dinas Parpora dan dan Inspektorat dilelang? Nah, kapan pula mutasi Jilid III digelar? “Kalau soal itu, Senin (11/3/2019) akan segera dibuka lelang jabatan. Setidaknya sebulan kedepan mutasi berikutnya digelar,” ucap Sekdakab Zefnihan diamini Bupati Yuswir Arifin dalam bincang khususnya pada awak media, Jumat (8/3/2019). saptarius