Orasi Ilmiah di UNP, Kepala SKK Migas Paparkan Potensi Migas Sumbar

534

JURNAL SUMBAR | Padang — Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas), Dr Dwi Soetjipto mengungkap adanya tiga temuan potensi cadangan gas besar di Sumatera Barat.

Demikian informasi yang disampaikan Dwi Soetjipto saat orasi ilmiah pada Wisuda Ke-114, di Auditorium Universitas Negeri Padang Sabtu (23/3/2019).

Dikatakannya ada cadangan gas baru tersebut berada di Wilayah Kerja (WK) wilayah kerja South West Bukit Barisan yang operatornya Rizki Bukit Barisan.

“Ini POD (plan of development-Red) satunya sudah disetujui. Diharapkan nanti dengan POD satu ini mereka bisa berproduksi,” kata mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) dan Direktur Utama PT Semen Padang itu.

Yang kedua disampaikannya ada di Sijunjung, yakni Blok GNW Sijunjung. “Kemungkinan itu adalah gas metan batu bara. Dengan potensi ini kita harapkan Sumatera Barat bisa berbicara dari sisi migas,” terangnya.

Selain dua blok tersebut, di outshore atau lepas Pantai Mentawai ada area terbuka yang menurutnya juga memiliki potensi migas yang dapat dieksplorasi dan kini belum dilakukan eksplorasi. Ketiganya diharapkan bisa menambah cadangan minyak dan gas bumi Indonesia yang belakangan terus menipis.

Dwi Soetjipto, yang pernah meniti karir di PT Semen Padang hingga menjadi Direktur Utama di BUMN tertua di Sumatera itu usai memberikan kuliah umum pada Wisuda UNP ke-114 menjelaskan upaya-upaya pemerintah saat ini yang terus meningkatkan produksi minyak dan gas di Indonesia.

“Masa lalu, minyak dan gas berada pada wilayah kerja yang posisi penurunan, tapi eksplorasi belum begitu aktif, sehingga belum ketemu giant discovery. Alhamdullilah sekarang, wilayah kerja Saka Kemang menemukan dua TCF (trillion cubic feet) gas. Potensinya diperkirakan lebih dari itu,” sebutnya.

Dwi dalam paparannya mengatakan, langkah pemerintah untuk terus menambah cadangan migas di Indonesia juga dilakukan dengan cara mengubah metode investasi dari cost recovery ke metode gross split.

Sebelumnya pada bulan Februari lalu juga pernah menyampaikan bahwa Indonesia menemukan potensi cadangan gas. Bahkan untuk menyampaikan hal ini Kepala SKK Migas menggelar konferensi pers tentang hal itu.

Dwi Soetjipto pada Wisuda UNP Ke-114 ini sebelum berorasi ilmiah, pada hari sebelumnya juga menyempatkan diri bermain tenis dan pada Sabtu (23/3) usai berorasi juga menyempatkan diri mengunjungi pesta pernikahan anak mantan Dirut PT Semen Padang lainya, Endang Irzal. (Humas UNP/Agusmardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here