Penanaman Sejuta Pohon Korem 032/Wb Dibahas Dalam Rakor Mitigasi Bencana

67

JURNAL SUMBAR | Padang -Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Mitigasi Bencana di Aula Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Jln. Sudirman No. 21 Padang, Senin (25/3/2019).

Rapat Koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti rencana penanaman sejuta Pohon di sepanjang pesisir Pantai Sumatera Barat yang telah diawali pencanangannya oleh Korem 032/Wbr pada Minggu lalu di Pantai Parupuk Tabing Padang.

Rakor diawali dengan paparan Dandim 0312/Pdg Letkol Czi Rielman Yudha memaparkan bahwa penanaman pohon di Pesisir pantai sudah 21 kali dilaksanakan akan tapi belum berhasil secara maksimal karena hanya modal nekat,” ujar Dandim. “Dan ini adalah program yang ke 22 semoga dengan diwadahi oleh Pemprop Sumbar bisa berhasil dan sukses, tegasnya.

Ketua Gebu Minang Boy Lestari Datuk Palindih menyampaikan bahwa tidak ada musibah dimuka bumi ini yang terjadi kecuali karena ulah manusia itu sendiri dan sejalan dengan itu ia berharap agar jangan melaksanakan kegiatan hiburan di pinggir pantai.

Lebih lanjut Boy Lestari menyampaikan masyarakat Sumatera Barat patut bersyukur karena telah dicanangkan penanaman sejuta Pohon di sepanjang pantai dan Gebu Minang mendukung dengan sepenuhnya program ini.

Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.IP mengatakan, bahwa banyak tahapan yang harus lalui. “Ini semua demi terwujudnya suatu tekad baik kita dalam hal penanaman sejuta pohon ini sampai nantinya keterpaduan dan diorganisir dengan baik oleh pemerintah setempat,”jelas jenderal bintang satu itu.

Danrem juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar mari kita manfaatkan lahan lahan gambut yg ada di wilayah untuk kita jadikan menjadi lahan yang produktif dan bermanfaat, dan tebtunya dalam melaksanakan semua tekad kita membutuhkan pengorbanan baik fisik, moril, waktu maupun materi untuk itu mari kita bersatu padu dalam mendukung semua program dengan baik.

Kepala BNPB diwakili oleh Ir. Dodi Rinaldi menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan proyek dan ini adalah gerakan yang harus kita laksanakan demi tercapainya tujuan dan program pemerintah, dan nantinya kita juga yang akan merasakan manfaatnya, kegiatan ini harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah setempat sampai pada tingkat yang paling bawah sekalipun.
Dan beliau selaku yang berkecimpung dalam hal penanggulangan bencana juga sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak dalam kegiatan Mitigasi Bencana ini.

Wakil Gubernur Sumbar H. Nasrul Abit menyampaikan bahwa selain dukungan moril kita juga perlu dukungan dana untuk mencapai tujuan.

“Terima kasih kepada bapak Danrem dan jajaran yang telah melakukan hal yang sangat luar biasa, demi tercapainya tujuan dan demi kenyamanan serta keamanan kita semua” ungkap Wagub dalam sambutannya. Lebih lanjut Wagub berpesan jangan tebangi hutan sembarangan karena akan menyebabkan bencana alam longsor dan lainnya, tegas Wagub.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolda diwakili Kombes Pol Syamsi, Danlantamal diwakili Letkol Mar Yusherman, mewakili Danlanud Letkol Pnb Rizalsyah, Kapolresta Padang diwakili Kompol. Jon Henry, Kepala BNPB diwakili Ir Dodi Riswandi, Ketua Gebu Minang Boy Lestari Datuk Palindih, para Bupati, Walikota, Dandim, Danyon, Danramil dan Camat di sepanjang Pesisir Sumatera Barat.

Kegiatan Rapat koordinasi mitigasi bencana tsunami berjalan dengan lancar dan aman. penrem