Ruas Jalan Kabupaten di Nagari Air Hangat Nyaris Putus, Warga Paru Sijunjung Terancam Terisolasi

187

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Potrem buram buruknya infrastruktur tak hanya dialami jalan propinsi dan negara saja. Rupanya, ruas jalan kabupaten di Sijunjung juga banyak yang rusak parah. Tak percaya?

Nah, tengok saja ruas jalan kabupaten di Nagari Air Hangat menuju Nagari Paru dalam Kecamatan Sijunjung. Kondisi ruas jalan itu benar-benar memprihatinkan bakan nyaris putus.

Jika kondisi jalan itu tetap dibiarkan dan tak segera ditangani, dikuatir warga Paru pun terancam terisolasi dari pusat kecamatan. Kalaupun ke pusat kecamatan harus jalan memutar ke Kamangbaru yang jarak tempuhnya cukup jauh.

Tak hanya itu, di Nagari Paru juga ada ruas jalan kabupaten yang terban. Meski sudah diberi beronjong namun belum tuntas dan terlihat terbengkalai.

Itu baru di kedua nagari tersebut. Belum lagi ruas jalan kabupaten Paleh (Pematang Panjang) Batuajung Lalan dan Lubuktarok, juga banyak jalan yang rusak dan terban. Parahnya lagi, jalan kabupaten di Lubuktarok nyaris tak memiliki draenase. Ironis memang, hingga kini jalan kabupaten pusat pemukiman warga tak memiliki draenase.

“Lalu kemana wakil rakyat yang duduk di DPRD Sijunjung,”ujar sejumlah tokoh masyarakat prihatin melihat potret buramnya infrastruktur Sijunjung.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas PUPR Sijunjung, Ir Budi Syafarman menyebutkan, bahwa penangan yang bisa dilakukan pemeliharaan rutin.

“Untuk sementara kita tangani dengan kegiatan rutin dan untuk pembangunannya dilaksanakan pada anggaran 2020. Termasuk soal draenase akan segera kita tangani,”kata Kepala Dinas PUPR Sijunjung, Ir Budi Syafarman dibalik telepon selularnya Senin (18/3/2019) malam pada awak media. saptarius