Sukseskan Pileg dan Pilpres, Polres Pessel Gelar Simulasi Pengamanan

598

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Antisipasi penanggulangan anarki atau kerusuhan pada Pileg dan Pilpres 2019, Polres Pesisir Selatan mulai intensif Sispamkota. Hal ini sebagai latihan kesigapan anggota Polri agar tidak canggung dan tahu apa yang harus diperbuat saat ada situasi genting ketika pelaksanaan Pemilu April 2019 mendatang.

Dalam Simulasi yang digelar, Senin Siang (19/3/2019) ditunjukkan beberapa adegan bagaimana pengamanan pihak kepolisian, terutama untuk mengatasi kerusuhan yang kemungkinan akan terjadi pada saat pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang.

Ratusan personel kepolisian diturunkan dalam Sispamkota kali ini. Truk penyemprot air hingga tembakan gas air mata akan disiagakan.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Fery Herlambang, SIK menyebutkan, dalam simulasi ini, pihaknya akan memfokuskan pada pengamanan menjelang pemilu presiden dan legislatif.

“Mulai dari masa kampanye, saat pemungutan suara, maupun setelah selesai melakukan perhitungan suara,” ungkapnya.

Tak hanya itu, tim dari TNI, Satpol PP juga dilibatkan dalam simulasi ini. Kerja sama ini dimaksudkan untuk memperkuat pertahanan dan penjagaan saat berlangsungnya pemilu nanti.

Kapolres Pesisir Selatan Fery Herlambang meyakini kondisi politik di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan relatif aman, namun hal ini masih perlu dilakukan sebagai langkah antisipatif.

Simulasi pengamanan kota di seputaran Kantor KPU Pesisir Selatan, Alun-alun Kota Painan diawali dengan barikade polisi untuk bernegosiasi dan menenangkan massa yang anarkis. Begitu massa semakin susah dikendalikan pasukan tim Shabara awal langsung memperkuat barisan barikade dan berusaha memukul mundur massa yang semakin sulit dikendalikan.

Masa yang semakin anarkis membuat pasukan dalmas lanjut langsung diterjunkan untuk membantu pertahanan. Berbekal tameng dan pentungan berusaha menjinakan massa yang brutal. Tindakan massa yang sudah mengarah pengrusakan dan bakar – bakar membuat pasukan pengurai massa diterjunkan.

”Ini merupakan kesiapan Polres Pesisir Selatan dalam mengawal pelaksanaan Pilihan Legislatif dan Pilihan presiden, agar aman dan tertib,” ucap kapolres.

Polres Pesisir Selatan akan mengerahkan tiga perempat seluruh kekuatan untuk mengawal jalannya pesta demokrasi. Kurang lebih 150 personel dari Polres serta jajaran Polsek akan diterjunkan. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here