Tim KG PKK KKBPK-KES Nasional Verifikasi Nagari Guguak Koto VII Sijunjung

975

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Tim penilai lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KG PKK KKBPK-KES) tingkat nasional melakukan verifikasi lapangan di Nagari Guguak Kecematan Koto VII Kabupaten Sijunjung, Jumat (22/3/2019).

Kedatangan tim yang dipimpin oleh Drs.Ade Anwar, M.Si dengan anggota drg.Widia Astuti dan Susi, S.Pd disambut hangat jajaran Pemkab Sijunjung dan masyarakat Nagari Guguak Kecamatan Koto VII.
Seperti diketahui, Nagari Guguak Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung merupakan satu-satunya nagari yang menjadi duta Kabupaten Sijunjung dan Provinsi Sumatera Barat yang masuk nominasi lomba KG PKK PPBKP-KES tingkat Nasional.

“ Alhamdulillah, Nagari Guguak masuk nominasi enam besar lomba KG PKK PPBPK-KES tingkat Nasional,” kata Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dihadapan, Kepala BKKBN Sumbar, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Wartawati Nasrul Abit, tim penilai KG PKK PPBPK-KES dan masyarakat setempat.

Prestasi yang diraih Nagari Guguak ini, sambung Bupati Yuswir Arifin, berkat kerja keras semua pihak, termasuk tim provinsi yang telah membantu dan memberikan dukungan sehingga Nagari Guguak Kecamatan Koto VII masuk nominasi enam besar pada lomba KG PKK PPBPK-KES tingkat Nasional.

“Ini sebuah prestasi membanggakan dan mengharumkan nama kabupaten dan provinsi.Semoga hasilnya bisa kembali mengharumkan nama kabupaten dan provinsi di tingkat nasional,” ucap bupati peraih penghargaan Leadership Award dari Kementrian Dalam Negeri.

Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Endra Yuswir Arifin mengucapkan selamat datang kepada tim verifikasi lapangan lomba KG PKK PPBPK-KES tingkat nasional yang telah berkenan datang ke Kabupaten Sijunjung untuk melakukan verifikasi lapangan ke nagari Guguak.

Ia mengatakan kegiatan KG PKK PPBPK-KES di Kabupaten Sijunjung dilaksanakan secara terpadu sesuai tupoksi TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah daerah.Bahkan kegiatan melibatkan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KG PKK PPBPK-KES di nagari, termasuk kader-kader sebagai ujung tombak.
Pada kesempatan itu, Endra Yuswir Arifin berharap tim verifikasi dapat melihat secara langsung kecocokan antara laporan dan realita dilapangan serta memberikan saran untuk pelaksanaan KG PKK PPBPK-KES yang lebih baik.

Sementara Ketua Tim Verifikasi Lapangan Lomba KG PKK PPBPK-KES, Ade Anwar mengatakan, KG PKK PPBPK-KES ini merupakan program pembangunan yang salah satu esensinya adalah implementasi dari delapan fungsi keluarga.
Karena itu, program kegiatan KG PKK PPBPK-KES dengan Kampung KB sangat tepat dan diharapkan memiliki daya ungkit yang tinggi untuk keberhasilan program KG PKK PPBPK-KES.

“Program KG PKK PPBPK-KES ini merupakan program dasar pembangunan yang menjadikan keluarga sebagai sasaran utama,” katanya.

Ade Anwar juga mengapresiasi TP PKK, baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan dan nagari serta kader-kader PKK atas kerja sama dan dukungan program KG PKK PPBPK-KES serta program pembangunan lainnya.

“Terima kasih, Kader PKK ini merupakan ujung tombak yang mampu memberdayakan masyarakat dan berpartisipasi dalam mensejahterakan masyarakat dan keluarga melalui 10 program Pokok PKK,” ujarnya.
Sebelumnya, Ketua TP PKK Nagari Guguak, Miswarni Zainal memaparkan program dan kegiatan KG PKK PPBPK-KES yang telah dilakukan selama tahun 2018.

Usai penyambutan, Tim Verifikasi Lapangan Lomba KG PKK PPBPK-KES tingkat nasional langsung melakukan verifikasi lapangan.Dalam verifikasi lapangan itu, tim penilai tingkat nasional didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung dan OPD terkait. azet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here