Bupati Hendrajoni Tinjau UN dan UNBK di Painan

128

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di SDN No 23 Setia Budi Painan, dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 1 Painan, Rabu (24/4/2019). Peninjauan UNBK itu juga diikuti Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Zulkifli dan Kabag Humas dan Protokoler, Rinaldi

Bupati Pesisir Selatan pada kesempatan itu berharap UN tingkat SMP tahun 2019 ini berjalan aman dan lancar. Oleh karena itu, diminta kepada panitia pelaksana ujian dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik.

Dalam kesempatan itu bupati Hendrajoni, mengingatkan agar siswa berhati-hati dalam menjawab soal ujian, sehingga mendapat nilai yang bagus.

Menyinggung soal target prestasi tahun ini, bupati mengharapkan target menimal 5 besar tingkat Sumbar dapat tercapai.

Lebih lanjut dikatakan, sebelumnya persiapan UN telah dilakukan secara maksimal oleh seluruh sekolah, di bawah pembinaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurutnya, peningkatkan kualitas pendidikan menjadi skala prioritas. Untuk mewujudkannya sangat dibutuhkan kerja keras dan keseriusan dari jajaran pendidikan.

“Saya ingin kualitas pendidikan ke depan semakin meningkat. Tentunya, perlu kerja keras dan keseriusan dari jajaran pendidikan dan dukungan elemen masyarakat,” pintanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel, Zulkifli menyebutkan, dalam rangka mensukseskan UN tingkat SMP, maka pihaknya membentuk instruktur kabupaten per mata pelajaran.

Dikatakan, peserta UN tingkat SMP tahun 2019 di Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 9.196 siswa yang tersebar pada 108 SMP dan MTsN. Kemudian sebanyak 62 sekolah melaksanaakan UNBK, dengan rincian 57 SMP dan 5 MTsN.

Sedangkan untuk SMP Negeri 1 Painan baru tahun ini melaksanakan UNBK secara mandiri, sebelumnya menumpang di SMK Negeri 1 Painan.

Secara mandiri maksudnya, UNBK dilaksanakan di sekolah sendiri. Kini, secara bertahap sarana dan prasarana pendukung UNBK terus ditingkatkan.

“Kami terus meminta agar sekolah terus meningkatkan sarana dan prasarana UNBK, sekaligus berkoordinasi dengan pihak terkait,” sebutnya. (Rega Desfinal)