Ditetapkan ANRI, Sijunjung Masuk Nominator LKD Terbaik Nasional 2019

159

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Usai Pemilu 2019, Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Yuswir Arifin didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Sijunjung, Drs. Darlias menghadiri undangan presentasi pemilihan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) terbaik Nasional Tahun 2019, Kamis (18/4/19) di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Jakarta.

Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, merupakan salah satu dari enam nominator LKD Kabupaten/Kota yang telah ditetapkan ANRI. Sedangkan lima nominator lainnya yakni Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Tuban, Kota Bogor, Kota Cilegon, serta Kota Magelang.

“ Presentasi ini merupakan tahap selanjutnya dalam penilaian pemilihan Lembaga Kearsipan Daerah terbaik tingkat Nasional Tahun 2019,” ujar Bupati Sujunjung.

“Kita patut berbangga karena Kabupaten Sijunjung mewakili Provinsi Sumatera Barat, bahkan Pulau Sumatera sebagai nominator dalam pemilihan LKD terbaik Nasional Tahun 2019 ini,” tambah bupati pilihan rakyat itu.

Sementara itu, Darlias sebagai Kepala LKD Sijunjung, dalam presentasinya dihadapan tim juri pemilihan LKD terbaik Nasional Tahun 2019, melakukan presentasi mengenai kebijakan Pemerintah Kabupaten Sijunjung di bidang kearsipan yang sesuai dengan visi misi yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021.

“ Pemerintah Daerah telah melaksanakan program dan kegiatan dalam bidang kearsipan, kami telah menyelenggarakan Diklat dan Bimtek di bidang kearsipan, Hal ini dimulai sejak Tahun 2016 dan 2017 dilakukan pembinaan dan penyelenggaraan kearsipan bagi OPD dan Nagari,” jelas Darlias.

“ Sedangkan di tahun 2018 dilakukan pengawasan internal sedangkan di tahun 2019 dilakukan TLHP dan pengawasan Arsip Dinamis 2018,” sambungnya.

“ Bahkan di tahun 2020 nanti akan dilakukan inovasi yakni kerjasama dengan konsultan arsip serta pembangunan Depo baru LKD yang sesuai standar, sehingga diharpkan Tahun 2021 menuntaskan arsip akhir RPJMD,” tambah Darlias. rilis kominfo