Lulus Tahun 2018,180 CPNS Sijunjung Pertanyakan SK Tugas

232

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Harapan 180 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Sijunjung,  Sumatera Barat, tahun anggaran 2018, yang dinyatakan lulus dan telah memenuhi kelengkapan adminstrasi. Sayangnya, untuk menerima SK (surat keputusan) sebagai CPNS masih belum ada titik terang.

Informasi sebelumnya, pada minggu pertama April ini mereka bakal segera menerima SK tugas, walaupun jadwal itu sudah terlambat bila dibanding dengan CPNS daerah kabuoaten/kota lain.

Namun kenyataannya, sampai berita ini ditulis, Minggu (7/4/2019) belum ada tanda tanda dan informasi yang pasti kapan SK itu diserahkan kepada yang bersangkutan. Fenomena ini membuat para CPNS ini heran dan penuh tanda tanya. Apalagi rekan rekan yang senasib dengan mereka di kabupaten/kota lain malah sudah ada yang mengikuti Latihan Prajabatan (LPJ).

Lebih miris lagi, ada beberapa CPNS itu saat mengikuti seleksi sedang bekerja di tempat lain. Karena sudah lulus mereka langsung mengundurkan diri dan sangat berharap secepatnya menjalankan tugas. Secara otomatis mereka tidak lagi mempunyai penghasilan, sementara beban hidup bersama anak dan keluarga harus dipenuhi.

“Karena sudah lulus tentu kita mengundurkan diri ditempat kerja sebelumnya, kenyataanya sampai sekarang kepastian kapan mulai bekerja belum tanda tanda,” ujar mereka penuh tanda tanya.

Untuk mempertanyakan ke BKPSDM kapan kepastian SK CPNS diterima mereka takut, namun di WA grup mereka hanya mendapat kalimat mohon maaf atas keterlambatan dan harap bersabar, dari pihak BKPSDM. Informasi lain yang didapat, SK itu sudah siap, namun untuk penyerahannya menunggu jadwal bupati.

Kepala Badan Kepegawaian  dan Pengembagan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Sijunjung, Syukri, MM, saat dihubungi, Minggu (7/4/2019) mengakui hal itu. Tapi ia membantah kalau keterlambatan itu merupakan suatu kesengajaan.

” Rencana semula penyerahan SK CPNS yang dinyatakan valid 180 orang memang dalam minggu kemaren, walaupun terlambat SK itu TMT nya tetap 1 Maret,” ujar Syukri.

Untuk kepastian kapan SK CPNS itu dibagikan, Syukri, menjelaskan bahwa Senin (8/4/2019) ia akan mempersiapkan dan menghadap bupati. Tapi yang jelas ia menjamin bahwa minggu ke dua Maret ini SK itu bakal diserahkan. ” Mudah mudahan dalam pekan ini semuanya tuntas dan para CPNS sudah dapat menerima SK nya,” tambah Syukri.syaiful husen