KPU Tanah Datar Mulai Merekap Hasil Penghitungan Suara

1372

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu mulai dilakukan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Tanah Datar, Rabu ( 1/5) dalam rapat pleno terbuka di Emersia Hotel, Batusangkar.

Dalam kesempatan itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Tanah Datar, Mukhlis mengharapkan proses rekapitulasi di tingkat kabupaten dapat berjalan baik dan lancar.

Dikatakan Mukhlis, pemerintah daerah memberikan apresiasi atas kerja keras penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan yang telah selesai merekap perolehan suara dalam situasi aman dan mulus.

Mukhlis meminta para penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu selalu menjaga kesehatan sehingga proses rekapitulasi memakan waktu cukup lama dapat dilalui tanpa menambah korban jiwa dan perawatan.

Diingatkan Mukhlis perlu dilaksanakan tertib administrasi sehingga angka-angka dimasukan sesuai hasil penghitungan suara pada pemilu serentak, Rabu (17/4), kalau ada selisih, maka dilaksanakan sesuai aturan.

Seterusnya, Ketua KPU Tanah Datar Fahrul Rozi menyebutkan beberapa hari mendatang akan melakukan rekapitulasi di 14 kecamatan yang jadwalnya 21 April s.d 7 Mei 2019 mendatang.

Dalam proses rekapitulasi setiap PPK ( Panitia Pemilihan Kecamatan ) berurutan menyampaikan hasil rekapitulasi disaksikan dua orang saksi dari Peserta Pemilu sekaligus diawasi Bawaslu Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Menurut Rozi, saksi dan Bawaslu dapat mengajukan keberatan terhadap hal-hal tidak sesuai dengan hasil penghitungan suara dengan menyertakan bukti, data dan fakta.” Keberatan saksi dan Bawaslu dapat diterima KPU untuk diperbaiki sekaligus dicatat dalam berita acara “, ucap Rozi Sang Ketua KPU Tanah Datar. habede