Tekan Lakalantas, Satlantas Polres Pessel Gelar Razia di Ranah Pesisir

1298

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Menekan angka kecalakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, Satlantas setempat kembali turun ke wilayah Ranah Pesisir menggelar giat operasi kendaraan, Selasa (14/5/2019).

Kapolres Pessel AKBP. Fery Herlambang, SIK, MM melalui Kasat Lantas, AKP Denny Catur WD, SIK mengatakan, operasi keselamatan berlalu lintas tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat berlalu lintas.

AKP Denny menyebutkan, terkait berlangsungnya kegiatan tersebut, Satlantas Polres Pesisir Selatan lebih mengedepankan kegiatan preventif, edukatif dan memberikan sosialisasi penyuluhan.

“Pada kegiatan nanti selain penindakan, kami akan mengedepankan tindakan preventif pencegahan, kemudian edukatif dan sosialisasi penyuluhan berkaitan dengan berkendara yang baik,” ujarnya.

Dikatakan Denny, dalam operasi kali ini, pihaknya akan menerapkan penindakan, kemudian sisanya preventif. “Kegiatan premtif berupa imbauan-imbauan di lapangan sedangkan preventif nanti kami akan masuk ke masyarakat terorganisir, sekolah-sekolah, PNS dan pegawai swasta,” katanya lagi.

Disampaikan Denny , dalam kegiatan tersebut, pelanggaran yang menjadi prioritas sasaran operasi yaitu pengemudi di bawah umur dan pengemudi yang melawan arus, kemudian pengemudi motor berboncengan lebih dari satu termasuk pengemudi dan penumpang motor tidak menggunakan helm SNI.

“Selanjutnya, pengemudi kendaraan bermotor yang mabuk, minuman keras (miras), pengemudi yang sedang menggunakan narkoba, berkendara sambil menggunakan handphone serta berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan termasuk, kendaraan bermotor yang tidak dilengkangkapi dengan kaca spion, knalpot dan yang menggunakan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) tidak standar dan kendaraan bermotor bak terbuka untuk angkut orang,” ucapnya.

Kasat Lantas berharap, semoga dengan pelaksanaan operasi ini dapat mendorong tercapainya tujuan operasi simpatik itu sendiri seperti dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dijalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, dapat menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan berlalu lintas.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, dan melengkapi kelengkapan kendaraanya, untuk orang tua diharapkan tidak mengizinkan anaknya yang dibawah umur untuk mengendarai sepeda motor. Selanjutnya, Sayangilah diri anda dan keluarga sehingga tidak menjadi korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Dimohon kerja samanya sehingga dapat terwujud keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” jelasnya. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here