Welfiadril, Putra Mundam Sakti Itu Dipercaya Jabat Kepala Inspektorat Sijunjung

2102

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bagi ASN (aparatur sipil negara) yang baru di Sijunjung, sosok lelaki jangkung bernama Welfiadril, Ap,vSSos, MPd itu adalah sosok pejabat baru masuk ke lingkung Sijunjung. Itu jawaban keliru!

Bagi orang Sijunjung, ia adalah sosok pejabat yang kreatif dan acapkali tampil di OKP (organisasi kepemudaan) seperti pernah menjabat sebagai Ketua KNPI Kabupaten Sawahlunto Sijunjung (kala itu belum ada pemekaran). Tak hanya itu, pria yang dikenal tegas ini juga pernah menjadi ketua Pemuda Nagari di Mundam Sakti dan pernah jadi anggota Bamus Nagari Mundam Sakti di era kepemimpinan Bupati Syahrul Anwar (alm) yang saat itu ia menjadi pegawai di Pemkab Sijunjung.

Welfiadril, Ap, SSos, MPd adalah putra dari mantan walinagari Mudam Sakti bernama (Alm) H, Abd Manaf Rajo Alam Dt T Marajo buah pasangan dengan Jarias yang lahir di Mundam Sakti, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sujunjung yang lahir pada 12 September 1965.

Suami dari Drs Novrita Wahab (Guru Dewasa Bidang Studi Sejarah di SMAN Sitiung-red) itu tak dirakukan kalau soal bidang birokrasi. Masa baktinya lebih banyak di Kabupaten Dharmasraya. Di kabupaten yang dipimpin Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan itu ia dipercaya menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Pangan Perikanan. Sebelum itu, ia juga pernah menjabat sebagai Kabag Organisasi, Camat Tiumang, Sekretaris BP3K, Sekcam, Kasi Operasi Pol PP dan sejumlah jabatan lainnya pernah ia sandang termasuk sebagai Pengendali Hama Penyakit Tanaman di Kabupaten Dharmasraya.

Bapak dari empat orang anak (Geby FA SPd Guru SMK Padanglaweh Dharmasraya, Roubyll, SA, SP, Akbar Mahasiswa dan Maisarah Mitra A Mahasiswi Il Politik UMY semester empat di Jogjakarta) dan dikaruniai dua orang cucu itu salah satu pejabat yang sukses dan berhasil meraup nilai terbaik dalam test asesmen seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dan hasil penilaian tim seleksi (Timsel). Alhasil, dia terbilang peserta dengan nilai terbaik.

Tak heran jika kemudian Kabag Organisasi Setdakab Sijunjung itu dipercaya menjabat sebagai Kepala Inspektorat Daerah Sijunjung. Bersamaan dengan pejabat eselon II, III dan IV itu secara resmi Bupati Yuswir Arifin melantik Welfiadril, Ap,SSos, MPd sebagai Kepala Inspektorat Daerah Sijunjung.

Prosesi pelantiknya dilaksanakan di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung pada Rabu (8/5/2019) disaksikan Sekdakab Zefnihan dan unsur Forkopimda dan pimpinan OPD lainnya.

Prestasinya luar biasa. Ia berhasil menduduki kursi jabatan Kepala Inspektorat Daerah Sijunjung itu tentu melalui berbagai proses. Sebab, untuk mencapai jabatan tersebut banyak yang telah dilaluinya, termasuk mengikuti test asesmen seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dan hasil penilaian tim seleksi (Timsel). Alhasil, dia terbilang peserta dengan nilai terbaik.

Tak heran jika kemudian Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin pun berucap, bahwa pelantikan dan pengambil sumpah janji jabatan itu sesuai dengan hasil penilaian asesmen Timsel untuk pejabat eselon II.

“Yang jelas, untuk mengisi jabatan eselon II, kita harus komit atas hasil nilai asesmen seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dan Timsel,” kata Bupati Yuswir Arifin. Selamat Bertugas pak Kepala Inspektorat Daerah Sijunjung.! adv/saptarius