Kembangkan Batik Asli Pessel, Lisda Hendrajoni Segera Lounching Batik Mande Rubiah

254

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan–Ketua TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni mengatakan dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan Lounching Batik Mande Rubiah ikonnya Kecamatan Lunang.

Hal ini dilakukan dalam upaya pengembangan batik asli Kabupaten Pesisir Selatan yang sekarang sudah mulai dikenali dan diminati oleh masyarakat, ungkap Lisda Hendrajoni.

” Dengan semakin dikenal dan di minati batik asli Pesisir Selatan oleh masyarakat , maka impian kita menjadikan Pesisir Selatan sebagai Sentra Batik Sumatera Barat akan semakin terwujud,” ucap Lisda Hendrajoni.

Lebih lanjut Lisda menambahkan Batik Mande Rubiah yang akan dilounching dalam waktu dekat ini memiliki motif-motif yang unik, dan tentunya sesuai dengan asli Kabupaten Pesisir Selatan.

” Batik Mande Rubiah ini, motifnya diambil dari ileminasi kitab kuno yang ada dimuseum mande rubiah Kecamatan Lunang,” kata Lisda.

Untuk lebih meningkatkan pengembangan batik asli Pesisir Selatan, maka kegiatan pelatihan menjahit dan juga membatik terus dilakukan, agar hasil produksi akan lebih banyak dan siap untuk dipasarkan.

Lisda juga menjelaskan bahwa Pesisir Selatan saat ini selain dikenal dengan pariwisatanya, juga sudah dikenal dengan hasil Batiknya, saat ini sudah tiga Kecamatan yang sudah mengembangkan batik asli Pesisir Selatan yakni Kecamatan IV Jurai, Kecamatan Bayang Utara dan Kecamatan Lunang.(Rega Desfinal)