Membidik BA 1 K, Sejumlah Politisi Sijunjung Bakal “Turun Gunung”

1990

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Tak terasa, tak beberapa lama lagi suksi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sijunjung bakal segera bergulir. Sejumlah politisi Sijunjung yang pernah duduk di DPRD Sijunjung, DPRD Provinsi dan DPR RI bakal meramaikan perhelatan Pilkada 2020 mendatag.

Mereka akan berebut menjadi orang nomor wahid di Ranah Lansek Manih itu. Mulai dari kalangan politisi, birokrat dan akademisi bakal merebut BA 1 K. Bahkan sejak beberapa pekan terakhir ini sejumlah bakal calon bupati-wakil bupati Sijunjung 2020-2025 itu kian merebak.

Sebut saja nama Andre Syaepul (Haji Wen), anggota DPR RI (2014-2019) yang juga politisi Nasdem itu diperkirakan bakal turun gunung untuk merebut singasana kursi empuk BA 1 K. Selain itu juga ada nama Liswandi, politisi Demokrat yang masih duduk DPRD Sumbar itu juga mengincar kursi BA 1 K. Apalagi pada Pileg 2019 ini sudah ada tiga kursi di DPRD Sijunjung yang bakal bisa mengantarkan menjadi bupati. Itupun kalau Partai Demokrat besutan SBY (Soesilo Bambang Yudhoyono) itu berhasil membangun koalisi dengan partai lainnya.

Bahkan nama Marlis (anggota DPRD Sumbar-red) juga dikabarkan disebut-sebut sebagai Cabup. Apalagi ia juga sempat pernah maju bersama Firdaus.K saat menghadapi pasangan Yuswir Arifin-Mukhlis Anwar yang hanya terpaut beberapa persen suara pada Pilkada 2010-2015.

Menariknya lagi, untuk pertamakali muncul nama “Srikandi” Sijunjung yang kini santer disebut-sebut siap maju dan bertarung di Pilkada 2020. Dia adalah Marlina. Politisi Partai Golkar yang kini menjabat anggota DPRD Sijunjung itu juga jadi perhitungan.

“Nama Marlina itu cukup bagus, begitu juga ada Liswandi dan Marlis. Bagi kami yang pokok untuk Calbupnya dari Kamang,”kata Syahbuddin Datuk Sinaro (Datuk Abu) dan beberapa tokoh Kamangbaru pada awak media jelang lebaran beberapa waktu lalu.

Informasi yang dihimpun awak media, nama Benny Dwi Yuswir (Kepala Bapppeda Sijunjung-red) dikabarkan jadi perhitungan. Begitu juga nama Sarikal dan nama Walinagari Takung juga disebut akan mewakil Kamangbaru diajang kompetisi Pilkada.

Selain itu, nama uztad Hendri Susanto yang kini menjabat anggota DPRD Sijunjung itu juga disebut-sebut bakal calon kuat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Bahkan nama Bambang dari Partai Gerindra yang memperoleh suara terbanyak di Pileg 2019 Dapil III Sijunjung bakal juga maju. Bahkan partai besutan Prabowo Subianto itu sudah mengantongi 4 kursi di Parlemen Sijunjung. “Tinggal kami hanya mencari dua kursi lagi. Siapa saja ingin berkoalisi Gerindra selalu terbuka,”ucap Drs Syahril Syamra Ketua DPC Gerindra Sijunjung pada awak media belum lama ini.

Nama tokoh lain yang digadang-gadangkan saat ini terdapat nama Ashelfine, SH.MH. Ketua DPD PAN Sijunjung itu dipastikan kembali maju. Begitu juga akademisi senior, DR Hasrul Piliang yang juga pernah bersaing dengan Yuswir Arifin pada Pilkada 2010 lalu itu juga bakal turun gunung. “Jika masyarakat menghendaki saya siap kembali maju,”kata Hasrul Piliang pada awak media belum lama ini. Kedua nama tokoh tersebut diperkirakan akan masuk dalan bursa Bakal Calon Bupati (Bacabup) pada 2020 mendatang.

Nama H. Iradatillah, politisi PPP yang saat ini anggota DPRD Sumbar periode 2014-2019 juga bakal maju. Bahkan sejumlah spanduknya sudah terpajang bersamaan dengan Bacalbup Sijunjung lainnya.

Apalagi pada Pilkada 2010, Kader terbaik Partai PPP itu sempat menjadi saingan berat Bupati Yuswir Arifin, meski hasil akhir H.Iradatillah saat itu yang berpasangan dengan DR. Hasrul Piliang harus mengakui keunggulan Yuswir Arifin-Muchlis Anwar. Anda penasaran? Terus simak berita seputar menuju Pilkada Sijunjung. saptarius