Shalat ID di Lapangan Depan Rektorat UNP, Buya Gusrizal Gazahar Jadi Khatib

72

JURNAL SUMBAR | Padang — Universitas Negeri Padang mengadakan Shalat Idul Fitri 1440 H/2019 dengan menghadirkan khatib H Gusrizal Gazahar, Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Barat, Rabu (5/6) di Lapangan Depan Rektorat UNP. Dihadiri sekitar seribuan jamaah, Rektor UNP, Prof Ganefri memberikan sambutan sebelum Shalat Idul Fitri dimulai.

Di Lapangan Depan Rektorat UNP sudah masuk ketiga kali Shalat Id dilaksanakan. Acara dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai pukul 09.00 WIB. Banyak pesan dakwah yang disampaikan khatib Id, Gusrizal Gazahar sekilas tentang ilmu fikih baik yang didalaminya melalui halaqah Syaikh Sayyid Sabiq pengarang Fiqh al-Sunnah, bahkan ia menceritakan pengalamannya menimba ilmu langsung kepada Ketua Lajnah Fatwa Al-Azhar yang digelari Malik al-Fatwa (Raja Fatwa) yaitu Syaikh Athiyah Shaqr.

Lebih lanjut pria yang akrab dipanggil Buya Gusrizal Gazahar menjelaskan kegigigihannya dalam program babaliak basurau (kembali ke surau) yang digagasnya. Untuk mewujudkan itu, dia sudah memulainya. Yaitu melalui Surau Gusrizal Gazahar yang beralamat di Jalan Bypass Loweh, Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi. Surau itu dibangun berkat kerjasama jamaah yang sudah bersama dengan Gusrizal Gazahar sejak 2003 lalu

“Jadi, Senin sampai Kamis saya di Padang, Jumat sampai Minggu saya di Bukittinggi. Saya ada di surau itu. Jamaah dan masyarakat bisa menemui saya di sana,” ujarnya.

Selain itu, Gusrizal dikenal pakar di bidang usul fikih. Dia mengisahkan, apa yang diraihnya sekarang merupakan hasil dari pelajaran panjang. Diantaranya ia mengisahkan kunjungannya dalam pengembaraan mencari ilmu melalu banyak para guru (masyayikh) dan dia mengakui yang paling berpengaruh mengembangkan mawhibah (talenta) ilmiah dia adalah Syaikh Ismail al-Adawiy dan Syaikh Athiyah Shaqr.

Sedangkan Fiqh al-Sirah ini adalah di antara ilmu yang berada di luar konsentrasi formal perkuliahan namun sangat disenanginya. Syaikh Muhammad al-Ghazali merupakan ulama Mesir yang ditemui oleh Gusrizal Gazahar dalam mendalami ilmu ini

Ia mengambil program pascasarjana di IAIN Imam Bonjol Padang dan lulus pada tahun 2003. Saat ini, ia sedang menyelsaikan program doktoral di UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru dan IAIN Imam Bonjol Padang. (Humas UNP/Agusmardi)