Tingkatkan Fungsi Irigasi, Bupati Hendrajoni Kukuhkan Komisi Irigasi

Jurnal Sumbar

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan H.Hendrajoni, SH., MH mengukuhkan komisi irigasi, di aula Bappedalitbang, Rabu (19/06/2019).

Pesisir Selatan berkomitmen peningkatan produksi padi sebesar 312.660 ton/tahun, serta adanya peningkatan luas sawah beririgasi mencapai 7,23%/tahun.

Peningkatan pembangunan prasarana pertanian 9,60 %/tahun, dan penerapan teknologi tepat guna pada 123 kelompok tani/tahun.

Komisi irigasi kabupaten mempunyai wilayah kerja, dengan daerah irigasi luasnya 1000 ha ke bawah.

Adapun tugas pokonya membantu bupati merumuskan rencana kebijakan, untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi dan fungsi irigasi.

Merumuskan rencana tahunan penyediaan, pembagian dan pemberian air irigasi yang efisien bagi pertanian.

PERANTAU SIJUNJUNG

Merekomendasikan prioritas alokasi dana pengelolaan irigasi, melalui forum musyawarah pembangunan.

Merumuskan rencana pemeliharaan dan rehabilitasi jaringan irigasi yang meliputi prioritas penyediaan dana, pemeliharaan dan rehabilitasi.

Serta terakhir melaporkan hasil kegiatan selama 1 tahun pada bupati, apa progres kerjanya.

“Laksanakan tugas dengan tuntas, sehingga keberadaan komisi irigasi ini dapat mengangkat kesejahteraan petani pesisir selatan,” kata Hendrajoni.

Harapan dengan komisi ini, ada kemajuan bagi para petani, serta kita bisa menjadi lumbung padi di Sumateta Barat.

Pada pengukuhan komisi irigasi dihadiri oleh kepala Bappedalitbang Yozki, Kepala BPKD Suhandri, Kadis PSDA Doni Gusrizal, Kadis Pertanian Nuzirwan, Kadis Pangan Alfis Basyir, dan anggota komisi irigasi. (Rega Desfinal)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.