Dinas Lingkungan Hidup Pesisir Selatan Kembangkan Wisata Hutan Bakau di KWBT Mandeh

Jurnal Sumbar

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup berencana kembangkan potensi hutan bakau sebagai objek wisata hutan bakau atau mangrove

Di kawasan Wisata Terpadu ( KWT) Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan terdapat kurang lebih 750 hektar. Dan, nantinya kawasan hutan bakau tersebut akan disulap menjadi kawasan wisata.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pessel Jumsu Trisno, melalui Kabid Pengelolaan Sampah Limbah D3 dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Darpius Indra, SH ketika dikonfirmasi membenarkan jika Dinas Lingkungan Hidup Pessel berencana memanfaatkan potensi hutan bakau di Kawasan Wisata Terpadu ( KWT) Mandeh sebagai lokasi wisata Hutan Bakau.

“Potensi Hutan Bakau di KWT Mandeh cukup luas, ini yang nantinya kita kembangkan,” ucap Darpius.

PERANTAU SIJUNJUNG

Dikatakan Darpius, untuk menjadikan wisata hutan bakau di KWT Mandeh, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan studi banding ke kampung Tengkalak, Desa Sukawarta, Perawang, Provinsi Jawa Barat, guna melihat pengelolaan dan penataan kawasan hutan bakau.

Dari hasil studi bunding, ternyata secara geografis wilayah pengelolaan wisata hutan bakau di daerah tersebut tidak jauh berbeda dengan wilayah di Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan. Ada, beberapa bibit bakau nantinya bisa dikembangkan, seperti bakau jenis api-api dan rigopuro.

“Kelompok Gempita di daerah itu cukup komit dalam mengembangkan hutan bakau,” tutur Kabid D3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pessel.

Lebih jauh Darpius menegaskan, jika kawasan hutan Bakau di KWT Mandeh cukup berpotensi dikembangkan sebagai lokasi wisata hutan bakau, untuk menjadikan kawasan WHB, Dinas Lingkungan Hidup siap jemput anggaran ke Provinsi dan Pusat. Sementara itu, konsep wisata hutan bakau ini trek (jalan) menuju lokasi kawasan WHB akan segera dipersiapkan.

Hal lain yang akan disiapkan, seperti jembatan, kotek-kotek kayu, sarana dan prasarana akan dipersiapkan. Agar nantinya bisa mendukung pengembangan WHB di Kawasan KWT Mandeh, di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. (Rega Desfinal)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.